ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan gender. Indikator penalaran yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis; (2) mengajukan hipotesis; (3) melakukan manipulasi matematis; (4) menyusun bukti (5) menarik kesimpulan; (6) memeriksa kesahihan dan (7) menemukan pola atau sifat fenomena matematika untuk membuat generalisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif dimana subjeknya adalah siswa kelas VIIIG SMPN 10 Kota Serang yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIG SMPN 10 Kota Serang pada materi aritmetika sosial masih tergolong rendah. Berdasarkan jenis kelamin, Berdasarkan jenis kelamin, siswa laki-laki terdapat 23,08% dan siswa perempuan terdapat 41,67% yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang. Kemudian, siswa laki-laki terdapat 76,92% dan siswa perempuan terdapat 58,33% yang kemampuan penalaran matematis rendah. Berdasarkan hal tersebut, siswa perempuan unggul dibandingkan siswa laki-laki.
Full Text:
PDFReferences
Adilla, D. N., & Habibah, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2020), 172–181.
Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 8–21. https://doi.org/10.31597/ja.v2i1.123
Alifin, Risman, Khodirun, I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 5 Kendari Ditinjau Dari Perspektif Gender. 6(1).
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Aprilianti, Y., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.167
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82
Mikrayanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 18–27. https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.93
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmetika Sosial. Didactical Mathematics, 4(1), 119–126. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040
Pandu, Y. K. (2019). Profil Penalaran Matematika Siswa SMP Kanisius Kalasan dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI, 4, 264–274. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/66
Prajono, R., & Maryanti, E. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. 5(2), 208–218.
Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di kelas VIII SMP IT El Yasin Batam. Cahaya Pendidikan, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3795
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Romsih, O., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif Siswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 37–46. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1463
Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–6. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18272530437692627272&hl=en&oi=scholarr
Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 77–90.
Saragih, R. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Siswa SMP. Universitas Negeri Ar-Raniry, 2507(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 9–13. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p759-764
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2347
Article Metrics
Abstract view : 183 timesPDF - 122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.