ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Melinda Rismawati, Eta Khairiati

Abstract


Peneliti melihat bahwa siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, kebanyakan siswa kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, siswa sibuk sendiri, sering mengantuk dan termenung. Nilai pelajaran matematika merupakan nilai pelajaran yang paling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Makong pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dan faktor apa yang dominan mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 3 Makong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis faktor dan analisis deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah analisis faktor eksploratori. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, komunikasi langsung serta teknik dokumentasi. Hasil analisis faktor ditemukan 6 faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa yang diberi nama faktor sarana belajar, faktor minat, faktor perhatian, faktor kemampuan diri, fakor teman sebaya, dan faktor kesehatan dengan persentase varians 66,985%. Faktor paling dominan yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa yaitu faktor sarana belajar dengan persentase varians 20,914%.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A & Widodo S. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Gudono. 2017. Analisis Data Multivariat. Yogyakarta: BPFE.

Hamalik, O. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Rahmawati. R. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016â€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadirman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning Teori & Paikem. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. 2014. Pisiklogi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Uno, H. B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widarjono, A. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Article Metrics

Abstract view : 15830 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.