ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi visual siswa dengan gaya belajar VAK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di rumah siswa tepatnya dijalan Godang No.42,kelurahan Patihan Kidul, kecamatan Siman, kabupatenPonorogo dan sebagian di PPTQ Al Hasan tepatnya di jalan Parang Menang No.22, kelurahan Patihan Wetan, kecamatan Babadan, kabupaten Ponorogo. Cara pemilihan subjek yaitu pertama diberikan angket kepada 21 siswa kelas V dan kelas VI kemudian digolongkan sesuai dengan masing-masing gaya belajarnya. Setelah itu dipilih 5 siswa dari masing-masing gaya belajar kemudian siswa tersebut diberikan soal tes, kemampuan representasi visual. Setelah diberikan soal, kemudian diambil 2 orang siswa untuk dijadikan subjek penelitian dengan ketentuan memiliki komunikasi yang baik. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam terkait hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi visual dominan dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar visual. Siswa mampu menyampaikan idenya dengan menggunakan gambar misalnya histogram, diagram garis dan tabel. Dalam pengerjaannya siswa teliti dan detail pada pemberian judul serta identitas-identitas gambar. Representasi visual siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung kurang teliti dalam menggambar histogram, diagram garis dan tabel. Siswa dengan gaya belajar ini sering lalai dalam memberikan judul dan identitas-identitas pada gambar. Representasi visual siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung menggunakan kata-kata mengandung tindakan/aksi dalam menyelesaikan suatu masalah yang seharusnya menggunakan tabel atau diagram. Sebagai contoh siswa dengan gaya belajar ini sering menggunakan kata membuat, sangat dan menurut.Â
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, W. 2019. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Disertasi tidak diterbitkan, Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
DePorter & Hernacki, M. 2006. Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (hlm.116-119). Bandung : Kaifa, Mizan Pustaka.
Febrian, G., dkk. 2016. Kemampuan Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya belajar pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6): 9-10.
Inayah, S. 2018. Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 1-16.
Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.
Mudzakir, A. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka setia.
NCTM. 2000. Prinsiple and Standart for School Mathematics. Reston.VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Panduwinata, B., dkk. 2019. Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2):203.
Qomarudin, M., dkk. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan), 2(1), 69-76.
Rufiana, I.S. 2019. Representasi Grafik Sebagai Alat Penalaran Statistis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Suyono & Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utomo, E.S. 2015. Representasi Visual dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Jurnal APOTEMA, 1(1): 164.
Umah, V., dan Vintari, C.A. 2019. Representasi Visual Matematis Mahasiswa dalam Memodelkan Kejadian Dinamis ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1): 88.
Yusnita, I., dkk. 2016. Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1): 29-38.
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.875
Article Metrics
Abstract view : 2920 timesPDF - 926 times
Refbacks

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.