PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWER POINT

Anyan Anyan, Benediktus Ege, Hendry Faisal

Abstract


ABSTRACT

The limitation of supporting media in the teaching and learning process causes the teaching and learning process to be less than optimal. To overcome this, it can be done by using interactive learning media based on Microsoft Power Point. The purpose of this study is to produce interactive PowerPoint learning products Microsoft Power Point to improve student learning outcomes in Thematic learning of the subtheme of the Beauty of the Nature of My Country in grade IV elementary school. The research method used is the published Borg and Gall research: preliminary studies, model development and model trials. The results showed that the interactive learning media developed was declared feasible. Media validation and material validation showed an average score of 82.50% and 79.16%. Student responses to teaching materials scored 81.75% in small-scale trials on large-scale trials receiving scores of 85%. The response teacher got a score of 71.7% and 89.13%. Based on the grades obtained, then the interactive learning media based on Microsoft Power Point is feasible to be applied to grade IV elementary school students.

Keywords: Interactive Media, Multimedia, Power Point, Interactive Learning


ABSTRAK

Keterbatasan media pendukung dalam proses belajar mengajar menyebabkan proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik subtema Keindahan Alam Negeriku di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Borg dan Gall yang meliputi: studi pendahuluan, pengembangan model dan uji coba model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak. Validasi media dan validasi materi menunjukan nilai rata-rata skor sebesar 82,50% dan 79,16%. Respon siswa terhadap bahan ajar interaktif memperoleh skor 81,75% pada uji coba skala kecil sedangkan uji coba skala luas memperoleh skor sebesar 85%. Respon guru mendapat skor 71,7% dan 89,13%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point layak diterapkan pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Interaktif, Multimedia, Power Point, Pembelajaran Interaktif


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash

Full Text:

PDF

References


Aprianto, DA. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Kemendikbud 2014 (Internet). (diunduh 2014 Juni 18); HO-1.1. Tersedia pada : https://www.kemendikbud.go.id

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI (Jurnal). Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. 2003. Jakarta. Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Article Metrics

Abstract view : 10308 times
PDF - 4116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.