ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT

Warkintin Warkintin, Muhammad Rian Subekti, Dewi Purwantari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang Microsoft Powerpoint sebagai media pembelajaran. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. (3) Mendeskripsikan Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran masih kurang karena guru kelas V hanya mengetahui 36%  fungsi dari menu-menu yang ada pada Microsoft Powerpoint. (2) Faktor penyebab kesulitan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran terdapat dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dilakukan guru kelas V ialah bertanya kepada teman dewan guru yang lainnya yang dianggap lebih menguasai media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint serta Browsing di internet terkait cara mengaplikasikan Microsoft Powerpoint. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Pelaik Kecamatan Kayan

Keywords


Kesulitan, Media, Pembelajaran, Microsoft Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Adlin. 2019. “Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer pada Pelajaran di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Imajinasi, Volume 3, No , Jul-Des 2019.

Basar, Afip. M. 2021. "Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bakasi)". Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 No 1 Halaman 216.

Danim, S. 2016. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasan, H. 2015. "Kendala yang Dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar". Jurnal Pesona Dasar. Volume 1 No 4 Hal 45-46.

Hasbullah. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Kuswana, D. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Lubis, M. 2019. "Pengaruh Guru Pada Era Pendidikan 4.0". Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, Vol. 4 No. 2 Halaman 72.

Ningsih. H. S. dkk. 2016."Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palembang". Jurnal Profit, Volume 3, Nomor 2 Halaman 133

Saebani, B. A. dan Sutisna, Y. 2018. Metode Penelitian (Edisi Revisi). Bandung: CV Pustaka Setia.

Subagyo, P. J. 2011. Metode penelitian dalam Teori & Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyunigsih, S. Metode Penelitian Studi Kasus. Madura: UTM Press.

Winda. R. dkk. 2021. "Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar". Jurnal Pedagodi dan Pembelajaran. Volume 4, Number 2 Halaman 218.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v3i1.1801

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 417 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUTECH : Journal Education and Technology



Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.