SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENJUALAN RUMAH DI PONTIANAK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HARVESINE FORMULA

Dedy Trianto, Alda Cendekia Siregar, Rachmat Wahid Saleh Insani

Abstract


Kota Pontianak sebagai salah satu kota dengan keadaan penduduk yang makin padat dan kebutuhan masyarakat yang ingin mencari informasi tentang perumahan dengan cepat. Masalah yang terjadi pada sistem penjualan rumah saat ini masih menggunakan spanduk, media social dan brosur. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi sistem informasi geografis penjualan rumah agar dapat mempermudah proses pencarian rumah. Metode yang digunakan yaitu metode Harvesine Formula untuk menghitung jarak antara dua titik, dimana proses yang dilakukan untuk menghitung sistem informasi geografis penjualan rumah dengan mengambil latitude user dan latitude perumahan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode waterfall yang memiliki beberapa tahapan analysis, design, Implementation, testing dan maintace. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem informasi geografis penjualan rumah menggunakan metode Harvesine Formula telah berjalan dengan baik.

Keywords


Waterfall, Geographic Information Systems, Harvestine Formula

Full Text:

PDF

References


Didit, W., Mulyono, & Suroyo, H. (2019). Pengembangan Aplikasi Transportasi Umum Berbasis Android Menggunakan Metode Haversine. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 145–155. http://repository.binadarma.ac.id/1202/

Helmi, H. (2018). Aplikasi Pencarian Lokasi Masjid Dan Halal Food (Syariat Islam) Menggunakan Metode Haversine Formula (Studi Kasus Di Wilayah Kota Denpasar Bali). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 2(2), 104–109.

Masudara, J. J., Rindengan, Y. D. Y., & Najoan, X. B. N. (2015). Sistem Informasi Geografis Perumahan Di Kota Manado Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 6(1), 2–7. https://doi.org/10.35793/jti.6.1.2015.9954

Purmadipta, B., Anra, H., & Irwansyah, M. A. (2016). Sistem Informasi Geografis Perumahan dan Fasilitas Sosial Terdekat dengan Metode Haversine Formula. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1), 1–5.

Putra, R. H. D., Sujiani, H., & Safriadi, N. (2015). Penerapan Metode Haversine Formula Pada Sistem Informasi Geografis Pengukuran Luas Tanah. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 10(2), 1262–1270.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v3i2.1944

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.