PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PEMASARAN SMKN 8 PONTIANAK

Nadya Nadya

Abstract


Guru perlu meningkatkan mutu pembelajarannya, dimulai dengan membuat rancangan pembelajaran yang baik dengan memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber belajar yang tersedia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas XI Pemasaran SMKN 8 Pontianak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa dalam SOP Penataan produk mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 70, 36 dengan persentase Ketuntasan 32 %, nilai rata-rata siklus II adalah 99, 36 dengan persentase Ketuntasan 100%. Kesimpulan dari penelitian bahwa penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SOP Penataan produk

Keywords


MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, HASIL BELAJAR

Full Text:

PDF

References


Anugrah, R. 2018. “Pengaruh Literasi keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Masyarakat dengan Niat Sebagai Variabel Interveningâ€. Skripsi, Makassar: UIN Alauddin.

Busyro, W. 2019. “Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa(studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau)â€. Jurnal ISLMIKA, Volume 2. Nomor 1 Halaman 37.

Fattah, F. A. , Mintasih, dan Suanrto. 2018. “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyarâ€. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, Volume 4. Nomor 1 Halaman 14-15.

Herawati, N, T. 2015. “Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuanganâ€. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volumme 1. Nomor 3 Halaman 60-70.

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76 Tahun 2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan untuk Konsumen dan atau Masyarakatâ€. Consultation Paper.

Sholeh, B. 2019. “Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulangâ€. Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis. Volume 4. Nomor 2. Halaman 57.

Sugiharti, H. Dan Maula, K. A. 2019. “Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswaâ€. Journal of Accounting and Finance. Volume 4. Nomor 2. Halaman 815.

Soetiono, K. S. dan Setiawan. C (2018). Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Widayati, I. 2012. “Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi financial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnisâ€. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Volume 1. Nomor 1 Halaman 89-99.

Yushita, A. N. 2017. “Pentingnya Literasi Keuangan bagi Pengelolaan Keuangan Pribadiâ€. Jurnal Nominal, Volume 6. Nomor 1 Halaman 11- 24

Zahriyan, M. Z. 2016. “Pengaruh literasi keuangan dan sikap terhadap uang pada perilaku pengelolaan keuangan keluargaâ€. Artikel Ilmiah, STIE Perbanas Surabaya




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v6i2.1345

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .