PENGARUH FAKTOR INTERN DAN FAKTOR EKSTERN TERHADAP KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI I
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi. Pendidikan Ekonomi berjumlah 31 mahasiswa yang sekaligus sebagai populasi dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini meliputi Faktor Intern (X1) terdiri dari kondisi kesehatan, minat, motivasi dan kebiasaan belajar, dan Faktor Ekstern (X2) terdiri dari lingkungan kampus, keluarga dan masyarakat, dan Kesulitan Belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I (Y). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil tugas terstruktur pada tengah semester pertama dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan faktor intern dan faktor ekstern berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I.
Kata Kunci: Faktor Intern, Faktor Ekstern, Kesulitan Belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Muhammmad. 1993. Strategi Penelitian. Bandung: IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
------------ 2002. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar.Jakarta: Rinekacipta
Mudzakir, Ahmad. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Maas, Markus.2004. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pengantar Akuntansi I Mahasiswa IPS SMAK
BPKPENABURSukabumi.DalamJurnalPendidikan Penabur. No. 03. Hal22-49.
Murti, Tri.2002. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Pada Pelajaran IPS Untuk Mahasiswa Kelas II SLTP 6 Semarang. Skripsi Semarang: FIS UNNES.
Mariyah, Rani. 2005. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Pengantar Akuntansi I Mahasiswa Kelas 1 SMAN 9 Semarang Tahun Ajaran 2003/2004. Skripsi Semarang: FIS UNNES.
Nasution, S. 1995. Didaktik Asas Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safri, Sofyan. 2003. TeoriPengantar Akuntansi I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
Soemanto, Wasty.1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana.1996.Metode Statistik.Bandung: Tarsito.
Syah, Muhibbin.2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.156
Article Metrics
Abstract view : 801 timesPDF - 824 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.