PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 KETUNGAU HILIR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi Ketenagakerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan bentuk penelitian yang digunakan penelitian Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas VIII SMPN 1 Ketungau Hilir. Sampel penelitian adalah kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar tes dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berlangsung dengan sangat baik; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Signifikasi ditunjukan dengan nilai Zhitung> Ztabel yaitu 24,55 > 1,96 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Santoso, E. (2011). Model Pembelajaran Group Investigation. (Online). Tersedia: http://santoso-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-group-investigation.html. (9 Maret 2015)
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012).Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v1i1.202
Article Metrics
Abstract view : 218 timesPDF - 201 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .