PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH BERBANTUAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SEPAUK

Dessy Triana Relita

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang terlihat dari respon siswa saat guru mengajar di kelas dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe index card match berbantuanan learning starts with a question, variabel terikat adalah hasil belajar. Metode dalam penelitian ini adalah  kualitatif deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data adalah lembar observasi, lembar tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai klasikal siklus I 69,23% dan siklus II 88,47% sehingga terjadi peningkatan 19,24%, sedangkan nilai rata-rata siklus I 69,11% dan siklus II 85,96% sehingga terjadi peningkatan 16,58%. Sedangkan wawancara kepada siswa mendapat respon positif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match berbantuan learning starts with a question dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu, memberikan hasil yang maksimal terhadap berlangsungnya kegiatan belajar siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata kunci: Index Card Match Berbantuan Learning Starts With A Question


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta

Bungin, B. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fadillawekay. 2016. Model Learning Starts With A Question. (Online). Https://fadillawekay.wordpress.com/2013/04/24/-learning-starts-witha-question. Diakses pada tanggal 9 mei 2016.

Isak. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Index Card Macth Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kayan Hulu Pada Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan”. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

T. Al-Tabany, I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Pernadamedia Group.

Suprijono. A. 2014. Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v1i1.204

Article Metrics

Abstract view : 286 times
PDF - 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .