PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE THINK PAIR SHARE SMP NEGERI 8 KAYAN HILIR

Yosef Yosef, Avelius Dominggus Sore

Abstract


Abstrak: Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2016/2018. Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share di kelas VIISMP Negeri 8 Kayan Hilir dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dimana siswa terlihat memiliki motivasi, antusias dan kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kayan Hilir dikategorikan sangat baik yaitu pada siklus I, 65,22% dan pada siklus II 86,96% sehingga terjadi peningkatan sebesar 21,74%, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), bertindak (afektif), dan terampil hasil belajar (psikomotorik). Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan model pembelajaran think pair share pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran IPS.

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think pair share


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, H. (2005). Profesi Kependidikan. Pontianak: STKIP PGRI.

Estiti, M. (2007). Penerapan Pembelajaran Kooperatife Model TPS pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil dan Belajar Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Gondangwetan Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Jihad, A dan Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kunandar, H. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Pesada.

Sudjana, N. Dan Ibrahim. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan; Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Hasil Pustaka




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v3i2.340

Article Metrics

Abstract view : 383 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .