PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap hasil belajar siswa. Bentuk penelitian adalah bentuk eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengukuran awal (pretest) dengan hasil sebesar -1,83 dan pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,96; selanjutnya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest) dengan hasil sebesar 3,12 dan pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,96; berikutnya juga terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dengan hasil sebesar 14,47 dan pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,96; Kemudian terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dengan hasil sebesar 9,72 dan pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,96.
Kata kunci : Model Pembelajaran CORE, Hasil belajarFull Text:
PDFReferences
Mulyatiningsih E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Muizaddin R., Santoso B. 2016. Model Pembelajaran CORE Sebagai Sarana Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Bandung: Alfabeta
Sudjana. 2016. Penialaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sanjaya. 2013. Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana
Suprijono. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Wicaksana J., wirya., Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Berbasis KoneksiMatematis Terhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan.
Yuniarti S. 2013. Pengaruh Model CORE Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Kependidikan
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v3i2.342
Article Metrics
Abstract view : 714 timesPDF - 381 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .