PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 2 SINTANG

Elida Dewi Pandini, Dessy Triana Relita

Abstract


Abstract: This research aims to find out how the application of the Two Stay Two Stray (TSTS) model and the Jigsaw learning model on students' cognitive learning outcomes in labor issues material in Indonesia. The independent variable of this study is “Two Stay Two Stray learning model (TSTS) and Jigsaw learning model”, while the dependent variable is “Learning Outcomes”. The research approach used in this research was a quantitative approach. The form of research used in this study was an experiment form with Two Group Pretest Posttest research design. The population in this research were all students of class IX IPS consisting of four classes namely class IX IPS 1, IX IPS 2, IX IPS 3, and IX IPS 4 with the total number of students were 134. The sampling technique used in this study was purposive sampling. Data collection tools used were test questions, observation sheets and documentation. The results showed that There were no significant differences in cognitive learning outcomes between students who used the two stay two stray learning model and the jigsaw learning model with the results of Z_ (count) of 1.72 and Z_ (table) at a significant level of 0.05 were 1.96.

 

Keywords: TSTS Learning Model and Jigsaw, Learning Outcome

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi permasalahan ketenagakerjaan di indonesia. Variabel bebas penelitian ini adalah “model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran Jigsaw”, sedangkan variabel terikatnya adalah “Hasil Belajar”. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Pretest Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX IPS yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas IX IPS 1, IX IPS 2, IX IPS 3, dan IX IPS 4 dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 134. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran two stay two stray dengan model pembelajaran jigsaw dengan hasil  sebesar 1,72 dan  pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,96.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran TSTS dan  Jigsaw, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya offset.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Idrus, C. 2013. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Dengan Pembelajaran Konvensional Padamata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sman 1 Bonjol Kabupaten Pasaman”. Journal of Economic and Economic Education. Volume 2 No. 1 Hal 77- 84

Fathurrohman, M. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gayatri, E. P. R., dkk. 2017. “Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) dan Two Stay Two Stray”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Volume 1 No. 1 Hal 71-74.

Kumape, S. 2015. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4 No. 4 Hal 351-362.

Nurhadi, M., dkk. 2014. Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Exampel Non Exampel dan Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN) Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMPN di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. Volume 2 No.1 Hal 113-126.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Safril, N. 2018. Pengaruh Penerapan Model Experintal Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pelaku Ekonomi (Eksperimen Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Dedai Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisnawati, E., dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Volume 6 No. 2 Hal 51-60.

Wahyuni, I. dan Munthe, G. Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 3 No. 1 Hal 1-7.

Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v4i1.434

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.