EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU
Abstract
Abstrack: The general problem in this research is the result of students' learning on the less satisfactory IPS lesson proved still much under KKM. This is because in the process of learning the use of models and methods that are less varied by the subject of IPS Teacher so that students are less motivated to learn. The research method used is qualitative research method descriptive approach, with the form of research is Research Action class (PTK). The results showed that the implementation of learning using STAD model to improve the learning outcomes of students of grade VIII SMP Negeri 6 Dedai run smoothly and have good impact on student learning activities in class. The results of students' learning subjects IPS Integrated experience increased. The test results obtained the average value on the first cycle of 83 and increased in cycle II of 94.25. Increasing the average grade value is accompanied by an increase to classical kentuntasan namely cycle I of 68.18% which increased 100%. So there is an increase in class average value of 11.25 and the percentage of classical up to 25%. Furthermore, student response is very good to the implementation of STAD learning model. Students express pleasure, and motivated learning by STAD learning model. Suggestions for teachers to be able to develop STAD learning models on other materials.
Keyword: STAD Model Improves Learning Outcomes
Abstrak: Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kurang memuaskan terbukti masih banyak di bawah KKM. Hal ini karenakan dalam proses pembelajaran penggunaan model dan metode yang kurang bervariatif oleh Guru mata pelajaran IPS sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, dengan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan, pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Dedai berjalan dengan lancar dan berdampak baik terhadap aktivitas belajar siswa dikelas. Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu mengalami peningkatan. Hasil tes diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 83 dan meningkat pada siklus II sebesar 94,25. Peningkatan nilai rata-rata kelas disertai dengan peningkatan ke kentuntasan klasikal yaitu siklus I sebesar 68,18% yang meningkat 100%. Sehingga terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 11,25 dan persentase klasikal hingga 25%. Selanjutnya respon siswa sangat baik terhadap pelaksanaan model pembelajaran STAD. Siswa menyatakan rasa senang, dan termotivasi belajar dengan model pembelajaran STAD. Saran bagi guru agar dapat mengembangkan model pembelajaran STAD pada materi lainnya.
Kata kunci : Model STAD Meningkatkan Hasil BelajarFull Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Isjoni. (2014). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Jihad & Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rusman.(2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Pratik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Subana dan Sudrajat. (2001). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v2i1.460
Article Metrics
Abstract view : 254 timesPDF - 201 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed underĀ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .