PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KOPERASI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BHAKTI LESTARI KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN

Enny Khuswati, Dessy Triana Relita

Abstract


Abstract:This study aims to determine how the influence of service quality on member satisfaction. This research is quantitative research. The population in this study were 503 members of the Bhakti Lestari Savings and Credit Cooperative who addressed the Merarai Satu Village, Sungai Tebelian District, Sintang Regency. The number of samples in this study were 80 respondents, the sampling method  Used was Simple Random Sampling. Data analysis was first carried out by looking for validity and reliability, contribution tests, and classic assumption tests. The results showed that the quality of service affects the satisfaction of members of the Cooperative Bhakti Lestari with the results of the t test, obtained a t count of 8.774 is greater than (>) t table of 1.990 and the value of Sig. 0,000 <0.05.

Keywords: Service Quality, Member Satisfaction

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bhakti Lestari sebanyak 503 orang yang beralamatkan di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Analisis data terlebih dahulu dilakukan dengan mencari validitas dan reliabilitas, uji kontribusi, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi Bhakti Lestari dengan hasil uji t, diperoleh nilai thitung 8,774 lebih besar dari (>) ttabel 1,990dan nilai Sig. 0,000 < 0,05

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aswati, Liza, dan Sudarso, Erik. 2019. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Akses Lokasi Terhadap Minat Kunjung Kembali Pada Hotel Hongkong INN Singkawang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 4, No 1.

Baswir, Revrisond. 2015. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Eliyawati, W., Sutjipta, N., dan Putra, I. G. S. A. 2016.Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 4, No. 1.(https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/21477, diakses 25 Juni 2019)

Febriana, N. I. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.AN-NISBAH Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 03, No. 01. (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/nisbah/article/view/280, diakses 25 Juni 2019)

Mahadianto Yudi dan Setiawan Adi.2013. Analisis Parametrik Dependensi Dengan Program SPSS Untuk Pengolahan Data Tugas Akhir, Skripsi Dan Tesis.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Miftahudin. 2017. Pengaruh Kuwalitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Aryadana Wonosobo Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Vareabel Intervening. Jurnal PPKM II Vol. 4 No. 2. (https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/420, diakses 25 Juni 2019)

Samtono. 2018. Pengaruh Partisipasi Anggota, Iklim Organisasi, Terhadap Kepuasan Anggota Yang Dimediasi Kinerja Pengurus Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Dwipanti Kota Salatiga Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Among Makarti Vol. 11 No. 21. (http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/161, diakses 26 Juni 2019)

Susanto, H., Rachma, N., dan Hufron, M. 2018.Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Anggota Simpan Pinjam KUD Pakis Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol. 7 No. 7. (http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1181, diakses 25 Juni 2019)

Susanto, Warjono. 2018. Laporan Pertanggungjawaban. Merarai Satu Pandan: Koperasi Bhakti Lestari.

Thoharudin Munawar dan Suriyanti Yulia.2017. Peranan Koperasi Mahasiswa Dalam Membentuk Mental Enterpreneurship Mahasiswa.SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4 (2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. 1992. Jakarta. (https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/38/node/667/undangundang-nomor-25-tahun-1992, diakses 20 Februari 2019)




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.594

Article Metrics

Abstract view : 3845 times
PDF - 2531 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .