PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KOPERASI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BHAKTI LESTARI KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN
Abstract
Keywords: Service Quality, Member Satisfaction
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bhakti Lestari sebanyak 503 orang yang beralamatkan di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Analisis data terlebih dahulu dilakukan dengan mencari validitas dan reliabilitas, uji kontribusi, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi Bhakti Lestari dengan hasil uji t, diperoleh nilai thitung 8,774 lebih besar dari (>) ttabel 1,990dan nilai Sig. 0,000 < 0,05
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aswati, Liza, dan Sudarso, Erik. 2019. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Akses Lokasi Terhadap Minat Kunjung Kembali Pada Hotel Hongkong INN Singkawang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 4, No 1.
Baswir, Revrisond. 2015. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Eliyawati, W., Sutjipta, N., dan Putra, I. G. S. A. 2016.Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 4, No. 1.(https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/21477, diakses 25 Juni 2019)
Febriana, N. I. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.AN-NISBAH Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 03, No. 01. (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/nisbah/article/view/280, diakses 25 Juni 2019)
Mahadianto Yudi dan Setiawan Adi.2013. Analisis Parametrik Dependensi Dengan Program SPSS Untuk Pengolahan Data Tugas Akhir, Skripsi Dan Tesis.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Miftahudin. 2017. Pengaruh Kuwalitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Aryadana Wonosobo Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Vareabel Intervening. Jurnal PPKM II Vol. 4 No. 2. (https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/420, diakses 25 Juni 2019)
Samtono. 2018. Pengaruh Partisipasi Anggota, Iklim Organisasi, Terhadap Kepuasan Anggota Yang Dimediasi Kinerja Pengurus Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Dwipanti Kota Salatiga Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Among Makarti Vol. 11 No. 21. (http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/161, diakses 26 Juni 2019)
Susanto, H., Rachma, N., dan Hufron, M. 2018.Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Anggota Simpan Pinjam KUD Pakis Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol. 7 No. 7. (http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1181, diakses 25 Juni 2019)
Susanto, Warjono. 2018. Laporan Pertanggungjawaban. Merarai Satu Pandan: Koperasi Bhakti Lestari.
Thoharudin Munawar dan Suriyanti Yulia.2017. Peranan Koperasi Mahasiswa Dalam Membentuk Mental Enterpreneurship Mahasiswa.SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4 (2).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. 1992. Jakarta. (https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/38/node/667/undangundang-nomor-25-tahun-1992, diakses 20 Februari 2019)
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.594
Article Metrics
Abstract view : 3845 timesPDF - 2531 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .