KEMAMPUAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU MATERI INTERAKSI SOSIAL
Abstract
Keywords: Teacher’s Ability, Teaching and Learning Process.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi yang objektif mengenai kemampuan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pada matari interaksi sosial kelas VII di SMP Negeri 4 Dedai Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yaitu metode deskriptif, bentuk penelitian adalah deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa yang dilakukan menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan telah efektif dan efisien. Upaya mengatasi faktor hambatan dalam proses belajar mengajar antara lain guru memahami karakteristik siswa, memahami komponen metode dengan evaluasi dan memahami kondisi lingkungan dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian secara umum tentang kemampuan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pada matari interaksi sosial dikategorikan baik.
Kata Kunci: Kemampuan Guru , Proses Belajar MengajarFull Text:
PDFReferences
Abror. Abdurrahman. 2003. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar, Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Fatmasari. 2014. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2014 VOL. XIV NO. 2, 426-441 Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Gugus Ii Sekolah Dasar Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. https://media.neliti.com/media/publications/82314-ID-pengaruh-motivasi-kerja-dan-kemampuan-me.pdf
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Juprimalino. (2012). Proses-Belajar-Mengajar-Pengertian [Online] Diakses tanggal 22 November 2019
Poerwardarminta. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.
Syah, Muhibin. 2009. Psokologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umpang, M.D., Thoharudin., M. 2018. Analisis Sikap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 02 Tempunak. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/161
Suriyanti, Y., Thoharudin., T. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu (Utilization Of Ips Learning Media To Improve Integrated Teachers Of IPS). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat issn: 2549-8347 (online), ISNN: 2579-9126 (print) volume 3 no. 1 maret 2019. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3507
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.599
Article Metrics
Abstract view : 319 timesPDF - 260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .