PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Keywords: Implementation, Problem solving Learning Method, Students' Critical Thinking Ability
Abstrak: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Permintaan dan Penawaran Di Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control grup designdimana sampel dipilih secara random sampling. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes dan angket. Pada teknik analisis data didapat persentase total kedua observer yang mengobservasi aktivitas siswa pada kedua pertemuan yaitu 100%, proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solvingberlangsung sangat baik. Pada pretest dan posttest kelas eksperimen, didapatkan nilai rata-rata sebesar 48,4 dan 79,7. Hasil tes pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 31,3. Pada pretest dan posttest kelas kontrol, didapatkan nilai rata-rata sebesar 46,7 dan 70,3. Hasil tes pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 23,6.Selisih rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 7,7lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Data hasil Uji t postest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu –ttabel ≤ thitung ≥ +ttabelatau –2,000 ≤ 3,917≥ 2,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis angket diperoleh persentase total 82 % yaitu penggunaan metode pembelajaran Problem solving mendapat respon sangat baik.
Kata Kunci: Penerapan, Metode Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan berpikir Kritis Siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hasan.(2008).Analisis data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: BumiAksara
Fisher Alec. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga
Indriayu Mintasih.(2009). Ekonomi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional.
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Pisikologi dan Pendidikan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Ressati, H. N.(2013). Efektivitas metode pembelajaran problem solving terhadap kemampan berpikir kritis siswa pada sub materi organ dan sistem organ dikelas XI sekolah menengah atas Negeri 3 Sintang. Skripsi pada program studi Biologi STKIPpersada Khatulistiwa Sintang: Tidak diterbitkan.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar statistika. Bandung:Alfabeta
Saiful. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Edisi Revisi, Cetakan ketiga.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2011). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan madani
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v2i2.618
Article Metrics
Abstract view : 285 timesPDF - 239 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .