UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MATERI PASAR DI KELAS VIII
Abstract
Abstract: This research is based on the condition of the students based on the interview of the researcher with the Integrated IPS subject teacher who said the students are very passive when in the classroom and the creativity of the students is very low in fact the result of a learning is how students can apply learning in everyday life and students can enjoy learning while playing so that learning is not monotonous. The research approach used is qualitative approach and the method used in this research is qualitative descriptive with form of Class Action Research (PTK). Subjects in this study were students of class VIII State Junior High School 3 Belimbing Hulu which amounted to 31 people consisting of 19 male students and 12 female students. Data collection techniques used are direct observation techniques, measurement techniques, direct communication techniques and documentary studies. Data analysis techniques using percentage analysis techniques. This research was conducted in 2 (two) cycles. The first cycle of classical completeness only reached 32.25%. While the second cycle of classical completeness reached 83.87%. Thus, an increase in student learning creativity is expressed through the test results of 51.62%. Student response to Role Playing method also shows the category of Very Good.
Keywords: Students’ Creativity, Role Playing MethodAbstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa berdasarkan wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu yang mengatakan siswa sangat terlihat pasif ketika di kelas dan kreativitas siswa yang sangat rendah pada kenyataannya hasil dari suatu pembelajaran ialah bagimana siswa dapat menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan siswa dapat menikmati belajar sambil bermain sehingga pembelajaran tidak monoton.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Belimbing Hulu yang berjumlah 31 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis persentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus pertama ketuntasan klasikal hanya mencapai 32,25%. Sedangkan siklus yang kedua ketuntasan klasikal mencapai 83,87%. Dengan demikian, terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa yang dinyatakan melalui hasil tes sebesar 51,62%. Respon siswa terhadap metode Role Playing juga menunjukkan kategori Sangat Baik.
Kata Kunci: Kreativitas Belajar Siswa, Metode Role Playing
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantittatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Martinis Yamin. (2007). Desain Pem-belajaran Berbasis Tingkat Sa-tuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisia-tor. Semarang: Rasail.
Uno Hamzah B. (2008). Model Pembe-lajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v2i2.622
Article Metrics
Abstract view : 283 timesPDF - 211 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .