PENGARUH KUALITAS AIR MINUM TERHADAP PEMBELIAN ULANG KONSUMEN PADA DEPOT AIR MINUM FIKRI KABUPATEN TOLITOLI
Abstract
Water plays an important role for human needs and is used as drinking water to meet the body's metabolic needs. In order for human survival to run smoothly, clean water must also be available in sufficient quantities according to human activities in a certain place and for a certain period of time. The purpose of this study was to determine whether the quality of drinking water has an effect on consumer repurchase at the Fikri Tolitoli Drinking Water Depot. The type of research used is associative research which aims to determine the effect or relationship between two or more variables. The data analysis method used is the correlation technique / product moment and the coefficient of determination.The conclusion from this research is that the quality of drinking water has a very strong relationship with consumer re-purchase, this shows that the quality of drinking water has a significant effect on consumer re-purchase.
Abstrak
Air memegang peranan penting untuk kebutuhan manusia dan dimanfaatkan sebagai air minum demi memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh. Agar kelangsungan hidup manusia dapat berjalan lancar, air bersih juga harus tersedia dalam jumlah yang memadai sesuai dengan aktifitas manusia pada tempat tertentu dan kurun waktu tertentu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas air minum berpengaruh terhadap pembelian ulang konsumen pada Depot Air Minum Fikri Tolitoli, Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode analisis data yang digunakan yakni teknik korelasi/produk momen dan koefisien determinasi. Kesimpulan dari penelitian bahwa kualitas air minum sangat kuat hubungannya terhadap pembelian ulang konsumen, hal ini menunjukkan bahwa kualitas air minum berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aceh pedia, 2010. “Fungsi Unsur Hara”, Diakses dari http://acehpedia.org/Fungsi Unsur Hara. Diakses 20 Juni 2018.
Amalia, Dewi 2013. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure di Bursa Efek Indonesia” Media Riset Akuntansi, Vol, 3 No. 1 Februari 201.
Anas Sudijono 2010. Pengantar Statistik Pendidikan, Rajawali Press. Jakarta.
Basu Swastha dan Irawan 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta.
Drumond Helga, 2003. “Metode Penelitian Bisnis”, Jilid 1, Edisi 5, Erlangga, Jakarta.
J. Setiadi, Nugroho, 2003. ”Perilaku Konsumen”, Penerbit PT. Kencana Perdana Media. Jakarta
Kotler, Philip, 2000. “Manajemen Pemasaran”, Edisi Melenium, Jakarta : Prehalindo.
Lupiyoadi dan Hamdani 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan RI. No.492/MENKES/PER/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum Tahun 2010.
Stanton, William J. 2001. “Prinsip Pemasaran”, Jilid 1 Edisi ke 3 Erlangga. Jakarta :
Sugiyono, 2003. “Metode Penelitian Bisnis”, Edisi 1, CV.Alfabeta, Bandung.
Sunyoto, Danang, 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”, PT.Buku Seru, Jakarta
Sutrisno, T. Eni Suciastuti, 1991. Teknologi Penyediaan Air Bersih, Bhineka Cipta, Jakarta.
Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra 2012, Pemasaran Strategik, ANDI, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v5i2.902
Article Metrics
Abstract view : 452 timesPDF - 363 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .