PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KOPERASI TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA KOPERASI KREDIT BINA MASYARAKAT CABANG SINTANG

Dessy Triana Relita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung anggota. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah anggota CU BIMA Cabang Sintang sebanyak 610 orang yang menabung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple insidental. Analisis data terlebih dahulu dilakukan dengan mencari validitas dan reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji kontribusi, serta uji asumsi klasik. Data yang diproleh diolah dengan program SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung anggota CU BIMA Cabang Sintang, dengan hasil uji t, diperoleh nilai thitung 3,824 lebih besar dari (>) ttabel 1,984 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Minat Menabung

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. dan Nurtjahjanti, H. 2009. “Hubungan kualitas layanan dengan minat menabung nasabah PT. BRI di Kantor Cabang Ungaran”. Jurnal. Ponegoro. Universitas di ponegoro. (Online). Volume 5, No 1. Tersedia:(http://eprints.undip.ac.id/10941/1/JurnalBariah.pdf)

Aswati, L. dan Sudarso, E. 2019. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Akses Lokasi Terhadap Minat Kunjung Kembali Pada Hotel Hongkong INN Singkawang” Jurnal Pendidikan. Volume 4, No 1 (http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE, diakses 24 Juli 2020).

Angger,J. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Anggota Pada Koperasi Syariah Podo Joyo Sejahtera Blitar”. Skripsi. Tulugagung. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. (Online). Tersedia: (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9188)

Baswir, R. 2015. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Darmawan, A. 2019. “Analisis Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah”. Jurnal Fokus Bisnis. Volume. 18, nomor. 01.

Enny. K. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (Ksp) Bhakti Lestari Kecamatan Sungai Tebelian”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 4, nomor 2. Tersedia:

https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/594/536

Handayani. R. T. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung Anggota Pada Koperasi Syariah AlMawaddah Ngunut

Tulungagung”.Skripsi.Tulungagung.Fakultas Ekonomi Bisnis Islam. (Online). Tersedia:(http://repository.tulungagung.ac.id/7649/1.pdf)

Jajang, W. 2011. “Pelayanan Dan Manfaat Koperasi, Serta Pengaruh Terhadap Partisipasi Anggota”. Jurnal FPIPS/Pendidikan Ekonomi. (Online). Volume 2, No 1. Tersedia: (http://jurnal.upi.edu/file/Jajang.pdf).

Kholid, I., dan Rahayu, M., 2014. “Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republic Indonesia Nomor 14/PER/M. KUKM/XII/2009”. Jurnal administrasi bisnis. (Online). Volume.15 nomor. 2. Tersedia : (http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/664)

Lubis, S, A. dan Andayani ,R, N. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam”. Jurnal Administrasi Bisnis. Batam. (Online). Volume 1, No 1.

Mubarak, Z. Wahjoedi. dan Mardono. 2017. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ilmu Ekonomi Dan Pemanfaatan Bank Mini Sekolah Terhadap Minat Menabung Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang”. Jurnal pendidikan ekonomi. Malang. Universitas Negeri Malang. (Online). Volume 5, No 1.Tersedia: (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1593/879)

Mintarja, E. 2017. “Hubungan Pengajaran Mata Kuliah Ekonomi Islam terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah”. Jurnal STIE. Jakarta (Online). Volume 1, No 2. Tersedia:(http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/article/view/1916)

Nugroho. S. A. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepercayaan dan Minat Menabung terhadap Kemantapan Keputusan Menabung Nasabah di Bank Syariah” . Skripsi. Semarang. Fakultas ekonomim. Tersedia:(http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4822/1/Skripsi%20Fiks%20CD.pdf, diakses 24 Mei 2020).

Pola Kebijakan Pengurus (POLJAK). 2020. Sintang-Kalimantan Barat

Sarwita, A. H. 2017. “Pengaruh Kualistas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Permuda BPR Majalengka)”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Volume 4. Nomor 1. (http://jurnal.unma.ac.id/index.php/mk/article/view/504, diakses 31 maret 2020)

Sumantri, B. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan Terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah”. Jurnal ekonomi. Online. Volume 10, nomor 2. Tersedia:(https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/750,diakses 16 Juli 2020).

Tyas, R. R. dan Setiawan, A., 2012. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di BMT Sumber Mulia Tuntang”. Jurnal. negeri. Volume 3, Nomor 2. (http://C:/Users/gc/Pictures/JURNAL%20REFERENSI/Pengaruh_Lokasi_dan_Kualitas_Pelayanan_terhadap_Ke.pdf)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. 1992. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v5i2.903

Article Metrics

Abstract view : 1119 times
PDF - 940 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .