OPTIMALISASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH SD BINAAN KECAMATAN SINTANG MELALUI PENDEKATAN COCOPANDAN

Muhammad Yamin

Abstract


Sebagian besar pengawas sekolah saat melaksanakan tugasnya lebih fokus pada bidang Pengawasan Akademik. Standar Pengelolaan merupakan salah satu sasaran Pengawasan Manajerial, dari empat standar lainnya.  Standar pengelolaan merupakan wahana bagi terjadinya regulasi sekolah. Melalui manajemen pengelolaan yang baik dan dipimpin oleh figur  kepala sekolah yang professional akan menghasilkan sekolah sesuai tujuan yang telah ditentukan pada RKS dan RPS. Tulisan ini mengangkat upaya pengawas dalam membimbing kepala sekolah untuk melaksanakan Supervisi Akademik. Dengan program MPMBS, diharapkan mampu mewujudkan tujuan sekolah, yaitu Sekolah yang Efektif dan bermutu. Pendekatan yang digunakan untuk kegiatan pengawasan Akademik tahun pelajaran 2016/2017 adalah Pendekatan Cocopandan. Pendekatan ini merupakan perpaduan dari kegiatan : Coordinasi, Colaborasi, Partisipasi, Action, dan Tindak Lanjut.Untuk mencapai tujuan sekolah, digunakan metode: Monitoring dan Evaluasi; Refleksi dan FGD, Delphi, Workshop, dan pembelajaran dinamis. Hubungan pengawas dengan warga sekolah bersifat kolegial, membantu terjadinya interaksi positif untuk mencapai tujuan sekolah. Pelaksanaan pengawasan akademik melalui Cocopandan di fokuskan di SD binaan Kabupaten Sintang. Hasil monitoring dan evaluasi selama tahun pelajaran 2016/2017, terjadi perubahan cukup signifikan pada seluruh standar lainnya. Manajemen terbuka/partisifatif, perbaikan berkesinambungan dalam pengelolaan sekolah serta ditunjang oleh figure kepala sekolah yang dapat diandalkan mampu mewujudkan tujuan pendidikan, yaitu Sekolah yang tersupervisi. Akhirnya, dimana ada kemauan disertai kesungguhan, pasti ada jalan untuk menggapainya. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah melalui Pendekatan Cocopandan dapat mengoptimalkan supervisi akademik Kepala Sekolah SD binaan kecamatan Sintang.

Full Text:

PDF

References


A.Alauddin A.Udin, 2012, Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah, www.academia.edu.

Akhmad Sudrajat, 2010, Hakikat Kerjasama (Kolaborasi), rajat.wordpress.com

Beare, Caldwell, Millikan. 2002. Creating an excellent school. London: Routledge.

Departemen Pendidikan Nasional (2005). Managemen berbasis sekolah. Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional 2008, Metode dan Teknik Supervisi, Dirjen PMPTK, Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional 2011, Supervisi Manajerial, Pusbangtendik, Jakarta

Macbeath & Mortimer (2001). Improving school effectiveness. Buckingham: Open University Press.

Oppung Doli, 2013, Pengertian Tindak Lanjut, klikbbm.blogspot.com.

Ruslan Ramadhan,2012, Kordinasi, Wordpress.com.

Salim Alfahrisy, 2012, Pengertian Definisi Analisis, mediainformasill.blogspot.

----------------------,2012, Definisi dan bentuk partisipasi, newjoesafirablog.blogspot.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.16

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.