ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PGSD STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG

Melinda Rismawati, Anita Sri Rejeki Hutagaol

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG. Subjek penelitian berjumlah 60 mahasiswa kelas MIPA semester 6 tahun akademik 2017/2018. Data yang dikumpulkan berupa data hasil tes kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep matematika dan wawancara tidak terstruktur. Soal tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep matematika terdiri atas 4 soal berbentuk essai dengan materi bilangan bulat dan operasinya. Hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan indicator pemahaman matematika yaitu: 1) mampu menjelaskan sebuah defenisi dengan kata-kata sendiri menurut sifat-sifat/ciri-ciri yang esensial, 2) mampu membuat/menyebutkan contoh dan yang bukan contoh, dan 3) mampu menggunakan konsep dalam menyelesaikan masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep matematika masih tergolong rendah terbukti dari persentase ketercapaian tiap indicator yang masih rendah. Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada dosen tentang kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa sehingga dosen diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ausubel, D. 1963. The Psychology of Meaningful Verbal Learning. New York: Grune & Stratton.

Hollands, R. 1983. Kamus Matematika. Jakarta : Erlangga

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). 2001. Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Moleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Negoro, S.T., & Harahap, B. 1998. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia

Novitasari, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Fibonacci, 2(2) : 8-18.

O’Connell, S. 2007. Introduction to Connection. Boston: Heinemann.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shamsudin, B. 2002. Kamus Matematika Bergambar. Jakarta:Grasindo.

Skemp, R.R. 1976. Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching.

Suherman,E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Titikusumawati, E. 2013. Analisis Miskonsepsi terhadap Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat menggunakan Garis Bilangan pada Maahasiswa STAIN Salatiga. Online https://media.neliti.com/media/publications/173894-ID-analisis-miskonsepsi-terhadap-operasi-pe.pdf diakses 6 Maret 2018.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17

Article Metrics

Abstract view : 5383 times
PDF - 4963 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.