EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PJbL) BERBASIS TRANSFER NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BUKU AJAR PKn SD BAGI MAHASISWA PGSD UMC

Dianasari Dianasari, Hanikah Hanikah, Diana Setiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa PGSD UMC dalam membuat bukuajar PKn SD kelas 5 melalui modelpembelajaran proyek atau Poject Based Learning (PjBL) berbasis transfer nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Single-One Group Pretest-Posttest Design) dengan instrument: lembar penilaian, portofolio, lembar observasi, dan lembar angket. Subjek penelitian yaitu mahasiswa calon guru SD yang mengontrak mata kuliah Pembelajaran PKn semester IV di Prodi PGSD.Sampel penelitian berjumlah 40 mahasiswa dari kelas SD16-A4. Efektivitas dianalisis menggunakan n-gain dan uji T..Hasil penelitian berupa buku ajar cetak PKn SD kelas 5 berbasis transfer nilai-nilai Pancasila danpeningkatan keterampilan menulis buku ajar SD pada mahasiswa.Perolehan nilai n-gain pada setiap indikator keterampilan menulis buku ajar PKn adalah: kelayakan isi sebesar0,70 (tinggi), kelayakan bahasa sebesar 0,63 (sedang), kelayakan penyajian sebesar 0,57 (sedang) dan kelayakan kegrafikan sebesar 0,57 (sedang). Besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0,815 dan dijelaskan hasil R Square atau koefisien determinan (R2) sebesar 0,663 atau 66,3 yang artinya pengaruh model PjBLberbasis transfer nilai-nilai Pancasila terhadap keterampilan menulis buku ajar PKn sebesar 66,3%. Adapun 33,7 dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari model PjBL (diluar variabel x). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, pembelajaran PjBL berbasis trasfer nilai-nilai Pancasila dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis buku ajar Pkn mahasiswa PGSD UMC.

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Belawati, T., dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Capraro, et al. 2013. STEM Project-Based Learning : An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (second ed). Rotterdam : Sense Publishers

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Doppelt, Y. 2005. Assessment of Project Based Learning in a Mechatronicts Context.Journal of Technology Education. Volume 16, number 2.

Hanafiah, N. dan Suhana,C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hasan, A. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

NYC Departement of Education (2009). Project Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. New York : Division of Teaching and Learning Office.

Panen, P., dan Purwanto. (2004). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap Aplikatif. Jogjakarta: Diva Press.

Proet, J. & Gill, K. (1986). The Writing Process in Action: A Handbook for Teachers. Urbana: NCTE.

Sani, A. dan Ridwan.2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thomas, J.W., Margendoller, J.R., & Michaelson, A. 1999. Project-Based Learning: A. Handbook for Middle and High School Teachers. http://www.bgsu.edu/organizations/ctl/proj.html.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.177

Article Metrics

Abstract view : 810 times
PDF - 847 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.