ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG (studi pre-eksperimen)

Anita Dewi, Ratnawati Susanto

Abstract


Dalam proses pembelajaran metode pembelajaran yang digunakan harus dapat bervariasi. Namun pada kenyataannya di lapangan masih terdapat guru yang belum memperhatikan hal-hal tersebut sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Berdasarkan dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Joglo 04 Petang diketahui bahwa masih banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kelas V salah satunya pada mata pelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar adalah Pembelajaran Quantum (Quantum Learning). maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi yang akurat dan objektif mengenai pengaruh pembelajaran quantum terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Adapun manfaat dari penelitian (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran quantum, (2) untuk melihat pengaruh dari penerapan pembelajaran quantum terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN Joglo 04 Petang Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Dalam penelitian ini pengelolaan data dilakukan menggunakan SPSS For windows series 23.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman.(2013). Belajar dan Pembelajaran.Bandung: ALFABETA.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2013). Dalam Pembelajarab IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV SDN 3 PANCOR. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3).

Kusumawardani, I. (2016). Penerapan Quantum Learnng Untuk Meningkatkan Motivasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 20, 20(1), 923–933.

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Ekonomi & Pendidikan, 8 nomor 2, 157–172.

Manurung, A. S. (2017). Kontribusi Model Pembelajaran Pakem Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta. SEJ, 7(1), 273–284.

Meriani, N. K., Darsana, I. W., & Suardika, I. W. R. (2014). Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Letda Kajeng Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 10.

Mujakir. (2016). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016, 4(1), 82–92.

Nurdin, H. M., & Tiwow, V. M. A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Media Gambar Di Kelas II SDN 03 Lakea Kab . Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(3), 78–91.

Porter, De & Mike, (2010). Quantum Learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifal.

Ratnawati, S. (2017). Proses Penerapan Keteampilan Manajemen Kelas Dengan Senam Otak dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD, FKIP Universitas Esa Ungguul, Jakarta. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 821–829.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Ghalia Indonesia

Suardi, Moh. (2018). Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono,(2015). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:ALFABETA

Sugiyono. (2016). Statistik untuk penelitia. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprihatianingsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta:Deepublish.

Susanto, Ahmad. (2018). Teori belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).

Sutrisno, V., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Pendidikan Vokasi, 6(1), 112–119.

Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi Di Sd Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan Harlinda Syofyan, 6, 134–150.

Wisudawati, Asih W.,& Eka S. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:Bumi Aksara.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179

Article Metrics

Abstract view : 1513 times
PDF - 1561 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.