KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 01 SEPAUK KECAMATAN SEPAUK SINTANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Adibah, A. (2019). Hubungan Kompetensi Pedadodik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4(1), 108-128.
Armadi, A. (2017). Pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendi-dikan Dasar, 1(1), 52-64.
Asmani, J.M. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi Kurikulum 213. Yogyakarta: Gava Media.
Hadikusuma, Z. (2015). Pengemba-ngan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Tematik, 5 (1).
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali.
Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19-29.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Perss.
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. Jurnal Pendidikan Seko-lah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1-13.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: Prenada Media Group.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafinda Persada.
Sardiman, (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.
Sormin, D. (2016). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 117-130.
Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (Edisi 2). Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, M. (2008). Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Quraisy
Trianto (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematikn Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Cet. II. Jakarta: Kencana-prenanda MediaGroup.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2186
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.