ANALISIS KEAKTIFAN SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afiani, K. D. A., & Putra, D. . (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 38–47.
Afiani, Kunti Dian Ayu, & Faradita, M. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Edmodo Bagi Guru SD Negeri Geluran III Kabupaten Sidoarjo Sebagai Upaya Pembelajaran Literasi Digital. International Journal of Public Devotion, 4(1), 30. https://doi.org/10.26737/ijpd.v4i1.2477
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Marliani, Siagian, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2019). Developing Entrepreneurship-Oriented Project-Based Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Collaboration Skills. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(8), 412–416. www.ijisrt.com
Naila, I., Ridlwan, M., & Haq, M. A. (2021). Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 166–122. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p166-122
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Nirmalasari, O. (2022). Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Metamorfosis, 15, 24–37.
Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.
Paris, S. dkk. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif dengan Pendekatan Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Bina Gogik: Jurnal …, 8(1), 101–108. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/637
Pratiwi, C. . D. dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd. 2(3), 116–125.
Rahayu, H., Purwanto, J., Hasanah, D., Studi, P., Fisika, P., Studi, P., Fisika, P., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat. 21–28.
Suardika, I. K., Anse, L., Pendidikan, J., Sekolah, G., Oleo, U. H., Pendidikan, J., Sekolah, G., Oleo, U. H., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Oleo, U. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) ISSN 2548-9119 Pendahuluan Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam membentuk sumber daya manusia yang cerdas , cakap , kreatif , pendidikan di Indonesia dijelaskan dengan Undang-undang No. 5(1), 10–20.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). ALABETA, cv.
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V a Semester Ii Bagi Siswa Sd Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/958
Wulandari, R., Mustadi, A., & Rahayuningsih, Y. (2021). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Lapbook terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 300. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14511
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2297
Article Metrics
Abstract view : 314 timesPDF - 289 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.