PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DENGAN DESAIN “KATA TANYA†UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA LANJUTAN PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Ahmad, Shaleh. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media.
Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group.
Alfian, 2019. “Pengembangan Media Scrapbook Pembelajaran Tematik Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan Subtema 1 Hewan di sekitar pada Peserta Didik Sekolah Dasarâ€. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.
Al-Tabany, Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta: Kencana.
Amnah Nur Afifah, 2015. “Media Scrapbook sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitifâ€.Jurnal UNESA.
Ananda, Galuh Suasari. (2017). Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran IPS Roda Jelajar Indonesia Untuk Kelas V SD Negeri Wonosari Baru Gunung Kidul, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.
Dewita, Tiara. (2015). pengembangan media pembelajaran menulis puisi berbasis lectora inspire dengan metode self directed learning untuk siswa kelas viii smp negeri 3 jetis Bantul.
Dewi, Yuliana et al,2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasarâ€.Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 9, No. 1.
Dimyati danMudjiono. (2015).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ihsan, Fuad. (2003). Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Iqbal H.S, Suriningsih. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak-Kanak. Diakses dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal Vol.4 No.2 (2021) 291- 303.
Izzatunnisa, Najla Nisrina. (2019). Pengembangan roda angka sebagai media Scrapbook pada pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III sd/mi.Studi Guru dan Pembelajaran. 2 (1), 40-49.
Murjainah. (2016). Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Kecendrungan Perubahan Litosfer di Muka BUmi di Kelas X Sekolah Menengah Ke atas. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Narutama, Y. A. (2022). Pengembangan Media Scrapbook “Petualangan Luar Angkasa†Materi Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal Basic of Education (AJBE), 11-23.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Payuk, Rispa. (2019). Pengembangan media sebagai Scrapbook sebagai media pembelajaran picture and picture pada materi Plantae untuk kelas X SMA Skripsi 2019. Universitas Sanata Dharma. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Rahmawati, Daryanto. (2015) Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gavamedia.
Sanjaya. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setiawan, Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran (hal. 9). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Simbolon, Redina. (2019). Penggunaan Media Scrapbook untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). Volume 02, Nomor 02, September 2019, Hal. 66 -71 http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kunatittif kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2016). Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tirtarahardja, Umar. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.
Yusti & Arifa. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Riduwan.(2009). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metod, dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia Group
Sardiman. (2011). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : IKIP SMG Press.
Sudjana, N. (2015). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2387
Article Metrics
Abstract view : 288 timesPDF - 229 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.