AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN P5 PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, R., & Fadilah, N. R. (2023). Implementation of Pancasila Values in Students in Everyday Life. The Easta Journal Law and Human Rights, 1(02), 51-57.
Afrida, F., Nasution, L. E., Setyorini, D., Harahap, D. S., Sihombing, I. R., & Simbolon, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembantu Guru dalam Pembuatan Soal Pilihan Berganda pada Guru-guru di SMKS Budi Agung Medan. Jurnal Pengabdian West Science, 2(08), 698-704.
Aini, Q. (2023). Implementation of an Independent Curriculum in Supporting Students' Freedom to Create and Learn. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(3), 999-1008.
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.
Amalia, F., & Najicha, F. U. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1-6.
Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102-108.
Bangun, J. H. (2020). Internalisasi Kesadaran Berbangsa Bernegara Anak Teroris. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, 7(3).
Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., Zaenab, S., & Aldya, R. F. (2023). The Implementation of Projects for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Implementation of the Independent Learning Curriculum. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 38-48.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Satuan Pendidikan serta Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.
Dewi, N. A., Sari, Y. I., & Kusufa, R. A. B. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kebhinekaan Global dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Malang (Studi Deskripsi di Sekolah Menengah). Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(2), 155-162.
Devi, S., Asbari, M., & Anggel, C. (2024). Kurikulum Merdeka yang Memerdekakan Manusia: Perspektif Munif Chatib. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 48-52.
Hajirah, Santoso, G., Dauwi, L., & Nanik. (2023). Mandiri dan Critical Tinking: Penanaman Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Peserta Didik Kelas 1. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 165-173.
Haqiem, A., & Nawawi, E. (2023). Implementasi Penguatan Nilai-nilai Pancasila pada Era Globalisasi Pendidikan Abad-21 di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 126-135.
Jeka, F., Risnita, R., Jailani, M. S., & Asrulla, A. (2023). Kajian Literatur dalam Menyusun Referensi Kunci, State Of The Art, dan Keterbaharuan Penelitian (Novelty). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26466-26474.
Kusuma, T. C. (2023). Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 234-245.
Lake, D. W. O., & Saingo, Y. A. (2023). Nilai Pancasila sebagai Dasar Pendidikan Etika Keluarga. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 1-11.
Lisa, M., & Kurnia, H. (2023). Upaya Meningkatkan Pendidikan Indonesia Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 472-478.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90.
Maulida, S. Z., Xavier, M., & Elliot, M. (2023). The Essence of Pancasila as the Foundation and Ideology of the State: The Values of Pancasila. International Journal of Educational Narratives, 1(2), 95-102.
Mihit, Y. (2023). Dinamika dan Tantangan dalam Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357-366.
Muslikah, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Membentuk Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 281 Jakarta (Doctoral dissertation, UNUSIA).
Mustafiyanti, M., Putri, M. P., Muyassaroh, M., Noviani, D., & Dylan, M. (2023). A Form of Independent Curriculum, an Overview of Independent Learning at State Elementary School 05 Gelumbang Muaraenim. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 82-96.
Nasution, D. N. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarnegaraan Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Pembiasaan Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 199-205.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27787.
Pulungan, N. H., Fitriani, A., & Dahnial, I. (2023). Implementation of Pancasila Values in the Globalization Era to Improve Youth Awareness. International Journal of Students Education, 2(1), 112-116.
Puspitasari, R. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dimensi Kemandirian Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMP Negeri 11 Surakarta.
Putri, P. K., & Dahnial, I. (2023). Application of Pancasila Values in Character Building Efforts Elementary School Students in the Era of 21st Century. Journal of Elementary School Education, 62-68.
Putri, V. F. H., Asbari, M., & Khanza, S. A. K. (2023). Revolusi Pendidikan: Kurikulum Merdeka Solusi Problematika Belajar?. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 8-12.
Putri, Y. D. S., Khaerunisah, A., Astuti, D., Septiana, S., Alfiani, T., Fakhiroh, Z., & Febrianti, A. A. (2023). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 11-23.
Rahma, M., Susanti, R., & Melilinda, M. (2023). Meningkatkan Mutu Peserta Didik melalui Pengimplementasian Nilai-nilai Pancasila dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 64-75.
Rahmawati, A., Parji, P., & Dewi, C. (2023). Persepsi Guru Tentang Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 990-996.
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598-612.
Sinyanyuri, S., & Yarmi, G. (2023). Peluang dan Tantangan Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Tingkat Sekolah Dasar: Best Practice. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1104-1116.
Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. (2023). Mengurangi Ketimpangan Sosial melalui Program Bantuan Pendidikan bagi Anak-anak Kurang Mampu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440-8447.
Susanti, A., Darmansyah, A., Tyas, D. N., Hidayat, R., Syahputri, D. O., Wulandari, S., & Rahmasari, A. (2023). The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 113-122.
Syam, C., Olendo, Y. O., Putra, Z. A. W., & Dewantara, J. A. (2023). Relevansi Nilai-nilai Pancasila terhadap Ranah Pendidikan sebagai Penguat Keterampilan di Abad 21. Academy of Education Journal, 14(2), 1275-1284.
Utari, E. S., Trilaksono, A., Lesmono, P. D., Ibrahim, M., Huda, M. M., & Widodo, A. W. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila (Penjabaran 45 Butir Pancasila). CV Jejak (Jejak Publisher).
Widarini, N. W. W., & Suterji, N. K. (2023). Implementation of The Profile Strengthening of Pancasila Student Profile (P5) in Building Student Character in First Middle School. International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(2), 218-231.
Yanuarsari, R., Latifah, E., Lisnawati, L., Rahayu, S., Mulyanto, A., & Kartika, I. (2023). Analysis of the P5 Implementation at SMP IT YPI An-Nur in the Theme of Entrepreneurship. European Journal of Educational and Social Sciences, 8(1), 1-11.
Yosi, F., & Oktaviani, Y. (2023). Relevansi Empat Pilar Pendidikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’Alamin (P5PPRA). PenaEmas, 1(2), 55-65.
Yusuf, M. Y., Tanjung, A., & Piliang, F. M. (2023). Implementasi Nilai-nilai Pancasila melalui Budaya Sekolah di Era Digital 4.0 pada Madrasah Aliyah Swasta Al Ishlahiyah Binjai. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3243-3247.
Yuzianah, D., Darmono, P. B., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 pada Kurikulum Merdeka pada Jenjang SD. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10-17.
Zahratu, N. S., Putri, K. F., Lestari, H. A. D., Syahladin, F. R., & Sitanggan, F. (2023). Aktualisasi Kebudayaan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Cibinong. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1181-1192
Zaidah, V. M., Tanikha, T., & Ariyati, T. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (Vol. 4, pp. 76-80).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3136
Article Metrics
Abstract view : 268 timesPDF - 322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.