ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 14 MANIS RAYAKECAMATAN SEPAUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Agusta Kurniati, Fransiska Fransiska, Anjella Wika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) mendeskripsikan gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) mendeskripsikan apa sajakah faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif metode yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, gaya belajar siswa di SD Negeri 14 Manis Raya Kecamatan Sepauk mempunyai tiga tipe gaya belajar yaitu visual, auditorial dan kinestetik dan gaya belajar yang paling mendominan  digunakan adalah adalah gaya belajar visual. Kedua, faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu: faktor internal dan eksternal faktor yang dominan adalah eksternal hal ini dikarenakan bahwa siswa lebih terpengaruh dengan lingkungan luar seperti dari keluarga yaitu siswa kurang adanya motivasi belajar. Faktor  sekolah yaitu dari sekolah guru  tidak terlalu menggunakan media dalam mengajar  dan faktor dari masyarakat berkaitan dengan lingkungan luar yaitu kurang adanya dukungan masyarakat terhadap belajar siswa. Ketiga, upaya yang dapat guru lakukan yaitu guru melakukan pendekatan kepada siswa, menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, guru berusaha mengkondisika situasi pembelajaran dengan dengan baik.

Kata kunci: Gaya Belajar Siswa, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron,M.N.danRisnawati,S,R.(2013).Gaya Belajar. Yongyakarta: Pustakan Aksara.

Jufri Wahab. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Sains.Bandung: Jawa Barat.

Moleong, L.J (2014). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Muwafik,S. (2011). Belajar Dengan Hati Nurani . Malang: Erlangga.

Russel, L.2011. Accelerated Learning Filbook. Bandung: Nusa Media.

Slameto. (2015). Belajar dan paktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yokyakarta: PT.Bumi Aksara.

Wibowo, D. C. (2015). Korelasi Antara Hasil Belajar Siswa Semester Akhir Dengan Hasil Ujian Akhir Nasional Siswa Kelas VI SD Negeri 13 Sungai Kawat. Jurnal Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6 (2), 80-88.

Wibowo, D.C., dkk. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Modeling The Way pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. 2 (2), 157-170.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.362

Article Metrics

Abstract view : 6782 times
PDF - 10669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.