PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Eva Ari Lestari, Much Arsyad Fardani, Nur Fajrie

Abstract


Hasil pengamatan diketahui bahwa siswa kurang aktif ketika pembelajaran mengakibatkan tingkat kreativitasnya dikategorikan masih rendah. ketika pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan memanfaatkan limbah plastik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre eksperimental dengan one grup pretest posttest. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SD 3 Padurenan dengan jumlah 14 siswa. Nilai rata-rata pretest 74,99 dan nilai rata-rata posttest 85,23 mengalami kenaikan sebesar 10,24. Hasil Uji Paired Sample T-Test memperoleh hasil signifikasi 0.00 < 0,05. Hasil uji N-Gain memperoleh hasil 0,41 termasuk kategori sedang. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu tedapat peningkatan kreativitas yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan model Project Based Learning. Kesimpulannya adalah penerapan model Project Based Learning dengan memanfaatkan limbah plastik berpengaruh untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD.


Full Text:

PDF

References


Anam, S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Game Teka Teki Silang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.869

Aristi, A. R., Mislinawati, & Fitri, A. (2023). Kemampuan Peserta Didik Dalam Mengembangkan Kreativitas Pada Pembelajaran Seni Rupa Melalui Karya Seni Grafis Dengan Teknik Percik Di Kelas II SD Negeri 30 Sabang. Elementary Education Research, 8(2), 32–41.

Buana, T., & Maharani, D. (2022). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 16(2), 34–44. https://doi.org/10.33557/ji.v16i2.222

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5

Elmanidar, N., Fakhriyah, F., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa pada Tema 8 Kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 491–497. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3001://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/300

Fajrie, N. (2016). Pengenalan Kegiatan Seni Rupa untuk Anak Tunanetra dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Sensitivitas. Jurnal Imajinasi, 10(2), 154–158

Fardani, M. A., Pratiwi, I. A., Prasetyo, Z. K., Samsuri, S., & Khotimah, T. (2021). Game Panjol Berbasis Android Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 241–249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548

Fitri, H., Junindra, A., Desyandri, & Mayar, F. (2022). Analisis Pembelajaran SBdP menggunakan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11082–11088.

Hamdani, A. (2002). Pengambangan Kreativitas. Jakarta: Pustaka As-Syifa.

Hariyani, Tri Indah; Fajrie, Nur; Rosya, M. (2021). KREATIVITAS SENI MELALUI METODE COLLECTIVE PAINTING.

Hasta, V. T., Setiawan, D., & Fajrie, N. (2023). Kreativitas Seni Mozaik Menggunakan Bahan Limbah Plastik Untuk Siswa Kelas Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 08(02), 2631–2641.

Kusnawan, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas IX melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.53889/jpig.v1i1.18

Mashuri, I., Fanani, A. A., Wahyuningsih, R., & Sholekhah, S. (2021). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Dengan Model Pembelajaran Project-Based Learning. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 4(2), 158–173.

Prihartanti, N. G., & Ningtyas, S. F. (2022). Penguatan Kapasitas Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pengelolaan Limbah Plastik. 5(1), 177–182.

Purnomo, Halim, Y. I. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.

Rifdah; Pratiwi, Eka Ari; Fardani, M. A. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS IV SDN MAYONGLOR 04 JEPARA. 5(April 2023), 690–703

Riyanti, A., Fardani, M. A., & Fajrie, N. (2023). Proses Kreasi Seni Tari sebagai Ekspresi Diri Anak SD Negeri Wotan 02 Desa Wotan Kabupaten Pati. Islamika, 5(2), 643–656. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3111

Saputro, E. (2020). Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Pembuatan Batako Plastik. Indralaya: Skripsi. Program Studi Fakultas Pertanian Univesitas Sriwijaya Indralaya.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Sindi, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Penggunaan Cangkang Telur Berbasis Wayang Sukuraga Untuk Meningkatkan Keterampilan Seni Rupa Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1601–1607. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5290

Sinta, W., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787

Ulfa, Zefi Ismiatul; Ismaya, Erik Aditia; Fardani, M. A. (2020). Penerapan Model Student Teams Achievement Division dengan Utaku. 2(2), 72–78.

Wiyani, W., & Fajrie, N. (2024). Kemampuan Siswa Dalam Berpikir Kreatif Melalui Media Kolase Pada Materi Gambar Tiga Dimensi. Jurnal Prasasti Ilmu, 3(2), 73–79. https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.8649




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3786

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.