PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MEDIA CARD THINK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN NUMERASI SISWA DI KELAS III SD
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z., Bumi, S. A., & Way, A. (2020). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology. Al-Hikmah, 1.
Aryani, N., & Wahyuni, M. (2020). Teori Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 1(1), 2.
Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review: Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 118–135. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9144
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., Akbari, Q. S., & K. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hikmawati. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Lestari, S., Suryani, E., Pgsd, P. S., Komputer, F., & Waluyo, U. N. (2021). Jurnal perseda. IV(1), 40–45.
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Muamar, M. A. H., & Agustyarini, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 49–63. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.246
Ranam, S., & Amaliah, D. (2017). Pendekatan Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Research and Development Journal of Education, 3(2), 131–144. https://doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2010
Salirawati, D. (2021). Media Kartu sebagai Sarana Belajar Kimia Secara Mudah. Jurdik Kimia FMIPA UNY, 1–11.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Syam Tonra, W., Tonra, W. S., Wahyudi, D., & Ikhsan, M. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Numerasi Di Sekolah Dasar (Sd): Contoh Dan Bukan Contoh Soal Numerasi. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 186–193. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2633
Wisnwan, I. M. (2020). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Pembelajaran Matematika (Angga (Ed.)). Tata Akbar.
Yani, F. (2021). Pengaruh Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Dengan Berbantuan Media Komik Bergerak Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah [The Effect of Contextual Approach (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Assisted by M. Universitas Pendidikan Indonesia, 10(3), 1–16.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3833
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.