ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SD

Lia Portanata, Yasinta Lisa, Imanuel Sairo Awang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran IPA serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran Pada Siswa Kelas IV, V, VI Sekolah Dasar di Desa Sungai Ayak Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian ini adalah survei. Ketersediaan media pembelajaran IPA di 5 SD di Desa Sungai Ayak, Kabupaten Sekadau termasuk dalam kategori “Kuatâ€. Berdasarkan hasil penelitian media yang tersedia di 5 SD tersebut adalah poster IPA, model tata surya, kit IPA, kaca pembesar (Lup), globe, cermin, mikroskop, proyektor, komputer, model tubuh manusia, torso, benda-benda konkret dan lingkungan alam dengan rata-rata persentase sebesar 71,42%. Pemanfaatan media pembelajaran IPA pada siswa kelas Tinggi di 5 SD di Desa Sungai Ayak, Kabupaten Sekadau diperoleh secara keseluruhan pemanfaatannya sebesar 82,14%. Ketersediaan media pembelajaran IPA di setiap SD di Desa Sungai Ayak, dengan rata-rata persentase 65,64% sedangkan pemanfaatan media pembelajaran IPA di setiap SD di Desa Sungai Ayak, Kabupaten Sekadau dengan rata-rata persentase 81,9%.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Effendi, S. dan Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Larasati, S. A. D. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal publikasi. Vol 1, No 1. (sriandriyani10@yahoo.com. diakses 13 april 2016)

Marasabessy, A. 2012. Análisis Pengelolaan Pembelajaran Yang Dilakukan Oleh Guru Yang Sudah Tersertifikasi dan Yang Belum tersertifikasi pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan.Vol. 13 No. 1, (diakses 25 april 2016).

Nawawi, H.H. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Riduwan.(2011). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sapriati, S.dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. dan La Sulo. S.L. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.53

Article Metrics

Abstract view : 9258 times
PDF - 8389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.