MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR

Rizky Novioleta, Nelly Wedyawati, Agusta Kurniati

Abstract


Secara umum tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model mind mapping kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Nanga Tikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif bentuk penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan sebanyak dua siklus. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 8 siswa dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu teknik observasi langsung, tes, teknik kuesioner, dan teknik wawancara sedangkan alat pengumpulan data  yang digunakan yaitu lembar observasi siswa, guru, soal tes kognitif, lembar penilaian afektif, psikomotor dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh penerapan model mind mapping penilaian aktivitas guru siklus I 80% siklus II 100%. Penilaian aktivitas belajar siswa siklus I 80% siklus II 100%. Hasil belajar kognitif siswa menggunakan model mind mapping mengalami peningkatan dari siklus I 73,75% siklus II 92,63% terjadi peningkatan sebesar 18,88%. Peningkatan hasil belajar afektif siswa siklus I  73% siklus II 90% terjadi peningkatan pada penilaian afektif siswa sebesar 17%. Peningkatan hasil belajar psikomotor siswa siklus I 52% dan siklus II sebesar 92% terjadi peningkatan sebesar 40%. Angket respon siswa terhadap penggunaan model mind mapping pada siklus I 76% dengan kategori B dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 98% dengan kategori A. Kesimpulan umum bahwa pembelajaran mind mapping meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Awang, I.S. (2017). Strategi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Majid. (2017). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA.

Susanto, S. (2016). “Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. I No. I Desember 2016.

Wedyawati, N, TDIR Makin. (2019). “Korelasi Tindakan Bullying Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa Tahun pelajaran 2018/2019†Jurnal Ilmiah. Volume 10 No. 1, April 2019.

Zarkasih M, Wedyawati N, Sirhi S. (2016). “Pengaruh Model Stad Berbantu Media Gambar Terhadap hasil Belajar†Jurnal Pendidikan. Volume 2 No 2, April 2016.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.645

Article Metrics

Abstract view : 1294 times
PDF - 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.