ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 04 BATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Andri Andri, Zul Zagir, Olenggius Jiran Dores

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 04 Bati. Penelitian ini merupakan penelitian Survei dengan metode menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori dan analisis deskriptif. Jumlah populasi 115 orang siswa yang terdiri dari 60 orang laki-laki dan 55 orang perempuan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 74 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pedoman observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017 kategori rendah, serta ditemukannya 7 (tujuh) faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa yaitu: (1) faktor fasilitas sekolah, (2) keluarga, (3) psikologis siswa, (4) kemampuan siswa, (5) interaksi siswa, (6) media elektronik, (7) kedisplinan siswa. Faktor yang memberi kontribusi paling besar adalah faktor fasilitas sekolah yaitu sebesar 20,759%, kontribusi terkecil diberikan oleh faktor kedisplinan siswa yaitu sebesar 4,719% dari keseluruhan kontribusi yang diberikan oleh seluruh faktor yang besarnya 68,6%.

Full Text:

PDF

References


Hakim. M.A.R, 2015. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V di MIN Bitung Jayaâ€. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hamdu. G. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12. No 1 Hal. 92-93. (Online), (http://www.jurnal.upi.edu/pko/view/1372/pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-pestasi-belajar-ipa-di-sekolah-dasar(studi-kasus-terhadap-siswa-kelas-iv-sdn-tarumanagara-kecamatan-tawang-kota tasikmalaya).html, diakses pada tanggal 14 juni 2016 jam 23:20 GMT).

Hamzah, A. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasratuddin. 2014. “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakterâ€. Jurnal Didaktik Matematika, Vol 1. No.2. Hal 30. (Online), (http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075, diakses pada tanggal 6 Jul 2016 21:59:18 GMT).

Indrawati. F. 2013. “Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematikaâ€. Jurnal Formatif, Vol 3. No.3. Hal. 217. (Online),(http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/126/122 diakses pada tanggal 14 juni 2016 jam 00:13:20 GMT).

Indriani, A. 2013. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Bloraâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4. No. 2. (online),(http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JIPM/article/download/721/541 Hal. 134-139, diakses pada tanggal 14 juni 2016 jam 23:20:23 GMT).

Pramesti. G. 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Samad, S. A. 2015. “Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi daur air dan peristiwa alam di kelas V SDN 8 Kota Barat Kota Gorontaloâ€. Jurnal Srisilawati Abd Samad. (Online), (kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIP/article/view/8831, diakses pada tanggal 14 juni 2016 jam 00:01:20 GMT).

Safitri 2015. “Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakartaâ€. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i2.91

Article Metrics

Abstract view : 2950 times
PDF - 2046 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.