Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021
Abstract
Kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang ditandai dengan 82% siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika, siswa mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa, wali kelas dan orang tua siswa yang berjumlah 11 orang.Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan soal tes, pertanyaan tertulis, wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil perolehan siswa menjawab pertanyaan tertulis masuk dalam kriteria interpretasi dengan kategori cukup. Artinya berdasarkan perolehan hasil siswa menjawab pertanyaan tertulis dan didukung dengan nilai hasil tes siswa, dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika siswa kelas IV SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021 termasuk pada kategori cukup. (2) Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek jasmaniah dan psikologi.Faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Andri dan Purwanti, R. S. 2019. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model NHT (Number Heads Together) Pada Mata Pelajaran Matematika.J-PiMat: Jurnal pendidikan Matematika. 1(1):26-37.
Asih, D., Wibowo, D. C., & Kurniati, A. 2019. Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV SDN 11 Sandung.Jurnal Guru dan Pembelajaran.2(1):40-49.
Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. 2019. Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019.J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika .1(1): 38-48.
Fuad, A. Z. dan Zuraini. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa.4(1): 42-54.
Kurniati, A. 2016.Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus di Dusun Tempurau Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 2(2): 212-220.
Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. 2015. Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur.Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 3(2).
Pratiwi, N. K. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa SMK. Jurnal Pujangga.Volume 1(2).
Rismawati. M. 2021. Faktor yang Paling Dominan Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Jurnal EDUPEDIA, 5(1): 78-87.
Subekti, M. R. 2018. Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak.DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Subekti, M. R., Wibowo, D. C., & Triani, S. 2021. Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020.Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 39-48.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syardiansah. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II)”. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5 (1).
Untung, A,.Wibowo, D. C,.& Subekti, M. R. 2021.Analisis Hasil Belajar Pada Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 22 SP.5 Manis Raya Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1): 16-23.
Yosada, K. R. & Kurniati, A. 2019. Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2):145 –154.
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1376
Article Metrics
Abstract view : 337 timesPDF - 190 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.