PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Feronika Rosady, Yasinta Lisa, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajparan Teams Game Tournament (TGT) Berbasis Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pencernaan. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas “model Teams Game Tournament (TGT) dan teka-teki silang”  dan variabel terikat “hasil belajar kognitif siswa.” Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu Quasi-eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent ControlGroup Design. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Zhitung adalah 1,76 dan Ztabel 1,74 dengan kesimpulan bahwa ZhitungZtabel yaitu  1,76  1,74 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kelam Permai tahun pelajaran 2016/2017. Hasil angket respon siswa membantu siswa memahami materi, menambah minat, aktif belajar di kelas, dan meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata 98% dengan kriteria sangat kuat.


Full Text:

PDF

References


Astrissi, G., Sukardjo., dan Hastuti, B.( 2014). Efektivitas Model Pembelajaran

Teams Games Tournament (TGT) yang Disertai Media Teka-Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2).

Kusrini. (2015). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA pada pokok Bahasan Sel. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Prayoga, dkk. (2014). “Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Sisa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2013/2014”. Volume 2 No 3.

Purnomo, dkk. (2009). Biologi Kelas XI untuk SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Rosmilasari., Suhardi, W., dan Wiarty. W. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran MID Berbantuan Media Teka-teki Silang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timmur”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Slavin. E.R. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.207

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.