PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA PETA TIMBUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL

Veroneka Heni, Hilarius Jago Duda, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif, takut, dan malu untuk menggemukakan pendapatnya sendiri sehingga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode student facilitator and explaining berbantuan media peta timbul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu “metode student facilitator and explaining berbantuan media peta timbul” sedangkan variabel terikat yaitu “kemampuan berpikir kritis siswa”. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan  metode eksperimen dan bentuk Quasi Experiment. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelittian ini adalah yang berjumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung (lembar observasi), teknik pengukuran (lembar tes), dan komunikasi tidak langsung (lembar angket). Setelah dianalisis diketahui bahwa penerapan metode student facilitator and explaining berbantuan media peta timbul mendapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukan dengan pengujian hipotesis  pada hasil  posttest yang memperoleh nilai zhitung30,33 dan nilai ztabel pada taraf signifikan 0,01 sebesar 0,4949. Hal ini berarti nilai zhitung ˃ ztabel yaitu 30,33 ˃0, 4949 maka Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Fischer, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Lia, M. (2015). Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining terhadap Penguasaan Konsep Siswa Di kelas X SMA Nusantara Indah Sintang pada Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: Prodi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Pawitra, (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Sangsit. (Online). Tersedia: http:// ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/738/611.pdf.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taniredja, T, dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfab




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.221

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.