PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM

Edi Saryono, Didin Syafruddin, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 35 Sempulau Indah yang berjumlah 24 siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan lembar observasi, soal tes dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama pada indikator visual 89,58%, lisan 54,17%, mendengarkan 83,33% dan emosional 86,11%.  Pada pertemuan kedua indikator visual 91,67%, lisan 56,94%, mendengarkan 83,33% dan emosional 84,44%. Pada siklus II  pertemuan pertama indikator visual 95,83%, lisan 72,22%, mendengarkan 89,58% dan emosional 98,61%. Pada pertemua kedua indikator visual 100%, lisan 80,55%, mendengarkan 97,91% dan emosional 100%. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,91 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,58 sehingga diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 6,87. Sehingga dapat disimpulkan bawa terdapat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circle.


Full Text:

PDF

References


Azhari, Wira. (2012). “Hubungan Antara Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem gerak Manusia Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2011/2014”. Sintang Tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Pesada Khatulistiwa Sintang.

Darmawati, Imam mahdi dan Ria Syafitri. (2012). “Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah dan hasil Belajar Biologis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pekan Baru Tahun Pelajaran 2011/2012” Jurnal Biogenesis, 8 (2).

Megawati, Murdan dan Riastini (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Hasil Belajar Ipa SiswaKelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus VIIKecamatanSawan”e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 2 (1)

Ngalimun. (2016). “Strategi Dan Model Pembelajaran”. Yogyakarta: Aswaja.

Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Kuantatif, Kualitaitf dan R&D”. Bandung: alfabeta.

Sutikno, Sobirin M. 2009. Belajar Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Bandung: Prospect.

Rusman. (2012). “Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru” Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2011). “Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik” Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (2003: 3)

Yustini, Arnentis dan Yusika (2012).“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viiia Smpn 2 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Pelajaran 2011/2012”.Jurnal Biogenesis, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.241

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.