EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIFSISWA PADA MATERI ALAT INDRA MANUSIA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAYAN HILIR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Natalia Wit, Florentina Rahayu Esti Wahyuni, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa masih kurang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap hasil belajar kognitif  siswa pada materi alat indra manusia di kelas IX Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Kayan Hilir. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan bentuk eksperimen dan menggunakan rancangan quasy experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes dan lembar kausioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas data, homegenitas data dan uji hipotesis, pada uji hipotesis menggunakan uji parametrik. Diperoleh rata-rata pre-test eksperimen 40,88 (rendah) dan kontrol 43,18 (rendah), rata-rata post-test eksperimen 75 (baik) dan kontrol 69,84 (rendah). Hasil analisis data observasi guru persentase rata-rata 100% berkriteria baik, sedangkan data observasi siswa persentase rata-rata 90,1% berkriteria baik. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas data, diperoleh analisis data berdistribusi normal. Indeks Gains eksperimen 0,57 kategori sedang dan kontrol 0,46 kategori sedang. Hasil dari uji hipotesis data pretest diketahui bahwa nilai Zhitung adalah -9,58 sedangkan nilai Ztabel pada =5% adalah 1,96. Hal ini berarti nilai Zhitung Ztabel (-9,58 ˂ 1,96) maka H0 diterima. Sedangkan pada hasil uji hipotesis diperoleh pada data posttest diketahui bahwa nilai Zhitung adalah 19,84 sedangkan nilai Ztabel pada =5% adalah 1,96. Hal ini berarti nilai Zhitung Ztabel (19,84  1,96) maka H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kontrol di kelas IX Sekolah Menengah Pertama  Negeri 1 Kayan hilir pada materi alat indra manusia. Hasil angket respon siswa dengan rata-rata 87,1% (sangat kuat).

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mutahir, A. dkk. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Kalam Cendekia, 3(3.1). 297-302.

Romaningsih, F. (2014). Penerapan MetodeConcept Sentence Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Sd Negeri 7 Karangrayung Kecamatan Karangrayunng Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal ibidandiah, 2, (11).

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wit. N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Alat Indra Manusia Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i1.243

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.