PENGARUH MODEL READING QUESTIONING ANSWERING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Sudin Sudin, Hilarius Jago Duda, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat baca siswa yang berpengaruh terhadap keaktifan belajar dikelas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Reading Questioning Answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode yang digunakan adalah eksperimen, berbentukTru Eksperimental,dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desigen. Populasi sebanyak 342 siswa dan sampel sebanyak 65 siswa yang terdiri dari kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, dan angket.Hasil uji hipotesis data pretest diperoleh nilai Zhitung < Ztabel(-0,55 ˂ 1,96) maka H0 diterima, sedangkan data posttest diperoleh nilai Zhitung > Ztabel(5,76 > 1,96) maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa model Reading Questioning Answering (RQA) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritits siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Negeri 02 Sintang.

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, (2013). Potensi Pembelajaran Yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS)Dan Reading Questioning Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Sma Multietnis Di Ternate. Jurnal. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Bustami, Y. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran JiRQA Terhadap Kemampuan Kognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Sikap Sosial Mahasiswa Multietnis PadaPerkuliahan Zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Bustami, Y.,& Corebima, A.D. (2017). The Effect of JiRQA Learning Strategy on Critical Thinking Skills of Multiethnic Students in Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3), 13-22.

Corebima, A. D. (2009). Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato pengukuhan Guru Besar pada FMIPAUM. Disampaikan pada SidangTerbuka Senat UM, tanggal 30 Juli.

Corebima, A. D. (2010). Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi MasaDepan Kita. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Sains, yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya, 16 Januari 2010

Fisher, A. (2009).Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta Erlangga.

Mulyadi. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning Answering (RQA) Pada Perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah Terhadap Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Kognitif. Skipsi tidak diterbitkan. Banda aceh: Universitas Siah kuala.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tariga. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkas.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i1.260

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.