PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA METERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Wawan Indra, Hilarius Jago Duda, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem solving terhadap kemampuan metakognitif siswa ditingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Tebelian. Kemampuan metakognitif merupakan suatu potensis yang ada didalam diri peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan bentuk penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Tebelian terdiri dari 84 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa, kelas VIII A (21) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D (21) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan metakognitif berupa soal essay sebanyak 6 item. Data yang diperoleh dari hasil analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berupa nilai rerata dan inferensial berupa hasil t-test. Hasil analisis statistik deskriptif pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rerata hasil kemampuan metakognitif pretest dan posttest 38,15%, sedangkan dikelas kontrol terjadi peningkatan dengan rerata hasil kemampuan metakognitif 18,91%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil kemampuan metakognitif dan kesadaran metakognitif sebesar 0,00 dan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil kemampuan metakognitif dan melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving.

Full Text:

PDF

References


Dewi, C. I. P., Sudarma, K., dan Suartama, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1), 1-8.

Firmansyah, Wonorahardjo,S., dan Arief, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Web Pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains, 4, (2), 67.

Haryanti. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 2 Jatiyoso Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hera, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Kelas X SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, IX (1), 1-10.

Iskandar, M. S. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Srini M. I : Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains di Kelas, 2 (2), 1-8.

Listiani,W. N., Wiarta, W., dan Darsana, W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Metakognitif Berbasis Masalah Terbuka Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 8 Blahbatuh. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd, 2 (1), 1-10.

Masrura, I. S., dan Murtafiah. (2018). Kontribusi Kesadaran Metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 4 (1), 75.

Murti, S. A. H. (2011). Metakognisi dan Theory Of Mind (Tom). Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (2), 1-12.

Pratiwi, I., Suratno, dan Iqbal, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Think Pair Share pada Siswa Kelas X-3 SMAN Yosowilangun Lumajang Tahun 2014/2015. Jurnal Edukasi UNEJ 2016, III (2), 1-7.

Purnamawati. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Bidang Keahlian Elektronika Industri Berbasis Metakognisi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari, XXXII, (1), 43.

Putra, M. P. D., Putra, dan Suara. (2014). Model Pembelajaran Problem Solving Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. E-Journal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1), 3.

Setyoko, H., Mulyani, S., dan Yamtinah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Menggunakan Strategi Peta Konsep Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Lintas Minat Kimia. Jkpk (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 2 (3), 1-13.

Simanjuntak, P. M. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Video Terhadap Metakognisi dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1), 1-8.

Wardani, K. A. G., dan Yunianta. H. N. T. (2017). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Mitra Pendidikan (Jmp Online), 1( 10), 1-15.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i2.296

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.