PENGGUNAAN ASESMEN BERBASIS SEESAW UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Satya Peric Enrico, Ana Ratna Wulan, Rini Solihat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi informasi abad 21 siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan assessment for learning berbasis Seesaw. Literasi informasi abad 21 yang diukur dalam penelitian ini mencakup tiga indikator yaitu mengakses sumber informasi secara efektif dan efisien, menggunakan informasi untuk menangani masalah, dan mengelola aliran informasi dari berbagai sumber. Dalam penelitian ini digunakan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal pre-test dan post-test, rangkaian task artikel informasi dengan pertanyaan uraian, serta angket respon siswa. Indikator menggunakan informasi untuk menangani masalah paling meningkat setelah diberikan perlakuan dimana sebagian besar siswa (55%) mengalami peningkatan N-gain dalam kategori tinggi. Jumlah siswa yang mencapai mastery pada keseluruhan task paling tinggi dicapai untuk indikator mengelola aliran informasi dari berbagai sumber (27,5%), diikuti indikator mengakses sumber informasi secara efektif dan efisien (22,5%), dan paling rendah pada indikator menggunakan informasi untuk menangani masalah (12,5%). Sebagian besar siswa (67%) memberikan respon positif terhadap penggunaan asesmen berbasis Seesaw. Walaupun demikian masih banyak kendala dalam penggunaan Seesaw karena keterbatasan perangkat keras dan akses internet.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bell, C. (2008). Will You Be Ready? Strategies and Tools to Build a Framework for Information Literacy across the Curriculum. ‎Abbotsford: University College of the Fraser Valley.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: principles, policy & practice, 5 (1), 7-74.

Black, P., Harrison, C., Lee, C., Marshall, B., & Wiliam, D. (2004). Working inside the black box: Assessment for learning in the classroom. Phi delta kappan, 86 (1), 8-21.

Block, J. H., & Burns, R. B. (1976). Mastery learning. Review of research in education, 4 (1), 3-49.

Byrne, D. (2015). Seesaw the Learning Journal. [Online]. Diakses dari https://www.commonsense.org/education/app/Seesaw-the-learning-journal.

Chambers & Jennifer. (2012). 21st Century Skills Standards Rubrics. [Online]. Diakses dari www.k12.wa.us/CareerTechEd/pubdocs/21stCenturySkills StandardsRubric.doc.

Creswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. California: SAGE Publications Inc.

Crisp, G. (2011). Teacher’s handbook on e-Assessment. Transforming Assessment-An ALTC Fellowship Activity, 1-18.

Fadilah, E. (2017). Pengembangan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 melalui Seesaw pada Pembelajaran Lingkungan. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Gathuri, J. W., Luvanda, A., Matende, S., & Kumundi, S. (2014). Impersonation challenges associated with e-assessment of university students. Journal of Information Engineering and Applications, 4 (7), 60-68.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66, (1), 64-74. http://dx.doi.org/10.1119/1.18809.

Hazel, dkk. (2014). Teaching Information Literacy Threshold Concepts. Chicago: Association of College and Research Libraries.

Higgins, R., Hartley, P., & Skelton, A. (2002). The conscientious consumer: Reconsidering the role of assessment feedback in student learning. Studies in higher education, 27 (1), 53-64.

Hsieh, Y. -H. & Tsai, C. C. (2013). Students scientific epistemic beliefs, online evaluative standards, and online searching strategies for science information: The moderating role of cognitive load experience. Journal of Science Education Technology, 23, 299-308.

Juhanda, A., Wulan, A. R., & Fitriani, A. (2015). Pengembangan Asesmen Portofolio Elektronik (APE) Dalam Menilai Sikap Ilmiah Dan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Laporan Praktikum Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 317-327.

Kudadiri, L. Y. A. (2017). Pengembangan Asesmen Kinerja Produk Berbasis Edmodo untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Tentang Pencemaran Lingkungan. (Skripsi). Sarjana FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.

Kulik, C. L. C., Kulik, J. A., & Bangert-Drowns, R. L. (1990). Effectiveness of mastery learning programs: A meta-analysis. Review of educational research, 60 (2), 265-299.

Lenhart, A. (2015). Teens social media & technology overview 2015. PEW Research Center, 1-47.

Maier, U., Wolf, N., & Randler, C. (2016). Effects of a computer-assisted formative assessment intervention based on multiple-tier diagnostic items and different feedback types. Computers & Education, 95, 85-98.

Marshall, R. K. (2004). An instrument to measure information competency. Information Technology Education And Society -Albert Park-, 5 (2).

Morgan, C. (2016). Testing students under cognitive capitalism: knowledge production of twenty-first century skills. Journal of Education Policy, 31 (6), 805-818.

Morris, C., & Chikwa, G. (2016). Audio versus written feedback: Exploring learners’ preference and the impact of feedback format on students’ academic performance. Active Learning in Higher Education, 17 (2), 125-137.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Scott, C. L. (2015a). The Futures of learning 1: Why Must Learning Content and Methods Change in The 21st Century?. Paris: UNESCO: Education Research and Foresight.

Seesaw Team. (2014). Seesaw Overview for Teacher. [Online]. Diakses dari http://Seesaw-app.dreamhosters.com/wp-content/uploads/2014/12/Seesaw-Teacher-Overview.pdf.

Suto, I. (2013). 21st Century Skills: ancient, ubiquituous, enigmatic?. A Cambridge Assesment Publication, 1-28.

Tsai, F. H., Tsai, C. C., & Lin, K. Y. (2015). The evaluation of different gaming modes and feedback types on game-based formative assessment in an online learning environment. Computers & Education, 81, 259-269.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i2.306

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 428 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.