Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education

Nuril Hidayati, Farizha Irmawati, Trio Ageng Prayitno

Abstract


Rendahnya pemanfaatan multimedia berbasis model pembelajaran STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran anatomi fisiologi manusia di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui multimedia-STEM education. Metode penelian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah transkrip wawancara, lembar observasi, dan test. Teknik analisis data penelitian dengan menggunakan kriteria ketuntasan klasikal dan gain score (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dapat meningkat melalui multimedia-STEM education dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,48% (P>85%) dan N-gain sebesar 0,501 pada kriteria sedang. Keterampilan berpikir kritis dapat meningkat karena langkah-langkah model pembelajaran STEM yang terintegrasi dalam multimedia dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis. Kesimpulan penelitian bahwa keterampilan berpikir kritis dapat meningkat melalui multimedia-STEM education.

Full Text:

PDF

References


Atno, A. (2011). Efektivitas media CD interaktif dan media VCD terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri di Banjarnegara ditinjau dari tingkat motivasi belajar. Paramita: Historical Studies Journal, 21(2). DOI: 10.15294/paramita.v21i2.1041

Baharin, N., Kamarudin, N., & Manaf, U.K.A. (2018). Integrating STEM education approach in enhancing higher order thinking skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(7), 810–822. DOI: 10.6007/IJARBSS/v8-i7/4421

Bustami, Y., Riyati, Y., & Julung, H. (2019). Think talk write with pictured cards on human digestive system: impact of critical thinking skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 13-23. DOI: 10.21009/biosferjpb.v12n1.13-23

Bybee, R.W. (2011). Scientific and engineering practies in K-12 classrooms: Understanding a framework for K-12 science education. handbook of conversation design for instructional applications. Science Scope, 35(4), 6-11. DOI: 10.4018/978-1-59904-597-9.ch013

Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. Aksioma, 8(1), 50–64. DOI: 10.26877/aks.v8i1.1510

Dahlia, D., Ibrohim, I., & Mahanal, S. (2018). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar hutan wisata baning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembanga, 3(2), 188–194. DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10506

EL-Deghaidy, H., Mansour, N., Alzaghibi, M., & Alhammad, K. (2017). Context of STEM integration in schools: Views from in-service science teachers. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2459–2484. 10.12973/EURASIA.2017.01235A

Endaningsih, N., Maryani, S.E., & Sukawismani, S.S. (2012). Peningkatan hasil belajar biologi dengan pendekatan kooperatif tipe jigsaw (PTK pada siswa kelas XI IPA 1 SMA 97 Jakarta). Jurnal Formatif, 2(1), 10–22. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/83/82

Facione, P. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. insight assessment.

Falah, F., Komaro, M., & Yayat, Y. (2016). Penggunaan multimedia animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran materi bidang geser. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 159. DOI: 10.17509/jmee.v3i2.4545

Fatimah, S. (2015). Devoting to enhance the critical thinking skill and the creativity of students in seventh grade through PBL model with JAS approachment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 149–157. DOI: 10.15294/jpii.v4i2.4184

Handayani, R. (2016). Students’ critical thinking skills in a classroom debate. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 19(2), 132–140. DOI: 10.24071/llt.2016.190208

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221. DOI: 10.29303/jpft.v1i3.262

Iriani, E. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar menggunakan media kertas bergambar pada materi perkembangbiakan tumbuhan tema 1. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 93–100. DOI: 10.33503/ebio.v4i02.505

Irwan, I., Maridi, M., & Dwiastuti, S. (2019). Developing guided inquiry-based ecosystem module to improve students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 51–60. DOI: 10.22219/jpbi.v5i1.7287

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E.E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–169. DOI: 10.15294/kreano.v5i2.3325

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53. DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Kurikulum, T. (2017). Kurikulum prodi pendidikan biologi. Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang.

Kurniawan, A.D., Muldayanti, N.D., & Putri, B.E. (2018). Developing flash media of quranic-based human reproduction system material. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 235–242. DOI: 10.22219/jpbi.v4i3.6822

Lestari, D.A.B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 202. DOI: 10.29303/jpft.v4i2.809

Maria, U., Rusilowati, A., & Hardyanto, W. (2019). Interactive multimedia development in the learning process of Indonesian culture introduction theme for 5-6 year old children. Journal of Primary Education, 8(3), 344–353. DOI: 10.15294/jpe.v8i3.27029

Nafiah, Y.N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. DOI: 10.21831/jpv.v4i1.2540

Nugraha, W.S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127. DOI: 10.17509/eh.v10i2.11907

Pratama, H.C., Wahyuni, F.R.E., & Pelipa, E.D. (2017). Penerapan metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia di kelas viii sekolah menengah pertama negeri 1 Selimbau tahun pelajaran 2016/2017. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1), 1-8. DOI: 10.31932/jpbio.v1i1.206

Permana, T.I., Hindun, I., Rofi’ah, N.L., & Azizah, A.S.N. (2019). Critical thinking skills: The academic ability, mastering concepts and analytical skill of undergraduate students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 1–8. DOI: 10.22219/jpbi.v5i1.7626

Rachmawati, I.N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. DOI: 10.7454/jki.v11i1.184

Rahmatiah, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2013). Model pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa,” 1(2), 86-94. DOI: 10.33394/j-lkf.v1i2.203

Saleh, R., & Filawati, F. (2019). Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 75–82. DOI: 10.33503/ebio.v4i02.449

Santi, N., Soendjoto, M.A., & Winarti, A. (2018). Kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi melalui penyelesaian masalah lingkungan. BIOEDUKSI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 35–39. DOI: 10.20961/bioedukasi-uns.v11i1.19738

Septy, Y., Nur, W., & Yuni, P. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis scientific approach siswa kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254. DOI: 10.22219/jpbi.v1i2.3335

Sholihah, F.N., & Pertiwi, N.A. (2019). Penerapan project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah dasar-dasar sains. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 68–74. DOI: 10.33503/ebio.v4i02.448

Wijayanti, T.Y., & Azis, A.A. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep sel dan jaringan. Jurnal Biotek, 3(1), 115–123. DOI: 10.24252/jb.v3i1.1924

Zulfaneti, Z., Edriati, S., & Mukhni, M. (2018). Enhancing students’ critical thinking skills through critical thinking assessment in calculus course. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 1–7. DOI: 10.1088/1742-6596/948/1/012031

Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8414/6803




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.536

Article Metrics

Abstract view : 2575 times
PDF - 2242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.