Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa tadris biologi
Abstract
Keterampilan dasar mengajar sangat menentukan proses dan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tadris biologi IAIN Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari mahasiswa jurusan Tadris biologi semester V yang sedang menempuh matakuliah strategi pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya diperoleh skor 56,80 masuk kategori kurang terampil, keterampilan menjelaskan diperoleh skor 51,90 masuk kategori kurang terampil, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran diperoleh skor 44,67 masuk kategori kurang terampil, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil diperoleh skor 68,15 masuk kategori cukup terampil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan diperoleh skor 52,70 masuk kategori kurang terampil, keterampilan mengelola kelas diperoleh skor 53,32 masuk kategori kurang terampil, keterampilan memberi penguatan diperoleh skor 65,80 masuk kategori cukup terampil, dan keterampilan mengadakan variasi diperoleh skor 70,45 masuk kategori terampil.
Kata kunci: Keterampilan dasar mengajar, guru profesional, mahasiswa biologi
Â
Basic teaching skills analysis of tadris biology students. Basic teaching skills determine the learning process and outcomes. This research aims to revealed the level of teaching students basic skills at Tadris Biology IAIN Metro. This study used descriptive qualitative method. This research data source was Biology Department students students in semester V who are taking biology learning strategy courses. The results showed that the questioning skills obtained by a score is 56.80 in the category of less skilled, explaining skills obtained a score is 51.90 in the category of less skilled, learning skills opening and closing obtained a score is 44.67 in the category of less skilled, the skills of guiding the discussion a small group obtained a score is 68.15 in the category of moderately skilled, small group and individual teaching skills obtained a score is 52.70 in the category of less skilled, classroom management skills obtained a score is 53.32 in the category of less skilled, the skill of giving reinforcement was obtained a score is 65.80 in the category of skilled enough, while the skills to hold variations obtained scores is 70.45 in the skilled category.
Keywords: Basic teaching skills, professional teacher, biology students
Full Text:
PDFReferences
Agustina, P., & Saputra, A. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 18-28. DOI: 10.26555/bioedukatika.v5i1.5670
Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2017). Pemberian penguatan (reinforcement) verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas viii mtsn seririt. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2). DOI: 10.23887/jjpbs.v7i2.12410
Antika, L.T., & Haikal, L. (2019). Keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi: Analisis berbasis gender. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 101-107. DOI: 10.31932/jpbio.v4i2.524
Atikah. N., Solihatin. E., & Martono, A. (2013). Hubungan antara keterampilan dasar guru dalam mengajar dengan hasil belajar pkn siswa (studi korelasional di man 3 jakarta pusat). Jurnal PPKn UNJ Online, I(2), 20-27. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip
Carolina, H.S., Sutanto, A., & Suseno, N. (2017). Pengembangan buku ajar perubahan lingkungan berbasis model search, solve, create, share (sscs) untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Didaktika Biologi, 1(2), 79–87. DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.661
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2005). Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Frasetyana, A.D., Sujadi, I., & Kusmayadi, T. (2015). Analisis keterampilan dasar mengajar matematika dalam pembelajaran mikro. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 383-394. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/6181
Hakim, N. (2016). Penerapan project-based learning dipadu group investigation untuk meningkatkan motivasi, dan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi universitas muhammadiyah malang. BIODIK, 1(1), 1-11. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/3353
Hakim, N., Yudiyanto, Y., Sa’diah, H., & Setiana, E.P. (2020). Manual book biology scientific camp: pengembangan pendidikan karakter berbasis outdoor approach. BIODIK, 6(1), 12-22. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8458
Hayati, D.K. (2017). Pengembangan buku ajar konsep dasar ipa untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151-167. DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6824
Karwati, E., Donni, & Priansa, J. (2014). Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta.
Kristiana, & Muhibbin. (2018). Keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran matematika di smp. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(2), 204-209. http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/7488
Kurniati. T., & Liani, U. (2019). Peningkatan keterampilan mengadakan variasi pada mahasiswa program studi pendidikan kimia. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 7(1), 33-38. DOI: 10.29406/ar-r.v7i1.1379
Lisdiana, A. (2019). Profil keterampilan sosial siswa mts al hikmah bandar lampung. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(2), 112-130. DOI: 10.21831/jipsindo.v6i2.28398
Lukman, A., Hayati, D., & Hakim, N. (2019). Pengembangan video animasi berbasis kearifan lokal pada pembelajaran ipa kelas v di sekolah dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153-166. DOI: 10.32332/elementary.v5i2.1750
Luzyawati, L. (2015). Profil tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 88-93. DOI: 10.18269/jpmipa.v20i1.568
Merliza, P., & Retnawati, H. (2018). Continuing professional development (cpd) for junior high school mathematics teachers: an evaluation study. Research and Evaluation in Education, 4(1), 79-93. DOI: 10.21831/reid.v4i1.18757
Mulyatun. (2014). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru kimia (studi pada praktik pengalaman lapangan mahasiswa tadris kimia). Jurnal Phenomenon, 4(1), 79-90. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/112
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15-19. DOI: 10.31932/jpbio.v2i2.220
Nurlaili. (2018). Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam perspektif guru pamong pada mahsiswa prodi pgmi fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, uin raden fatah palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1), 28-40. DOI: 10.19109/jip.v4i1.2270
Retta, A.M. (2016). Strategi guru profesional pascasertifikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh PpS UPGRI Palembang, tanggal 26 November 2016. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id
Retta, A.M. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru pendidikan matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh PpS UPGRI Palembang, tanggal 27 April 2017. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id
Riduwan. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Buku ajar berbantuan model everyone is a teacher here: upaya meningkatkan keterampilan dasar mengajar calon guru biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 47-51. http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi
Siswanto. (2010). Tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi pendidikan akutansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi universitas yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 8(2), 41-45. DOI: 10.21831/jpai.v8i2.953
Sundari, Fitri. S., & Yuli, M. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa pgsd. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26-36. DOI: 10.33751/pedagog.v1i1.225
Suyanto, & Djihad, A. (2013). Menjadi guru profesional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Esensi erlangga Group.
Wahyulestari, M.R.D. (2018). Keterampilan dasar mengajar di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 199-210. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2770
Wandri, I. (2014). Upaya meningkatkan keterampilan menjelaskan dan bertanya guru melalui supervisi klinis pendekatan non direktif. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 1(2), 94-106. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpdk/article/view/7939
Wardani. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66-73. DOI: 10.17977/um022v4i22019p066
Winarno, B. (2012). Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kompetensi keahlian teknik otomasi industri di sekolah menengah kejuruan negeri 2 depok. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Wulantina, E., & Maskar, S. (2019). Development of mathematic teaching material based on lampungnese ethnomathematics. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 71-78. DOI: 10.22437/edumatica.v9i02.7493
Yudiyanto, Y., Hakim, N., Carolina, H., Setiawan, T., Dewi, A., & Sari, T. (2019). Rumah baca maja: peningkatan literasi sains remaja desa maja kecamatan marga punduh, pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 343-357. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1763
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.576
Article Metrics
Abstract view : 1176 timesPDF - 490 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.