Model pembelajaran kreatif treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan

Devi Anugrah, Susanti Murwitaningsih, Desya Aryani Sofyan, Susilo Susilo

Abstract


Berkembangnya kemampuan berpikir siswa dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki tentang pengaruh model treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Design quasi experimental diterapkan dengan menggunakan post-test only control group design. Studi ini melibatkan 62 siswa dari total 144 siswa. Instrument berupa soal tes sebanyak 35 soal pilihan ganda. Uji parametrik dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t digunakan untuk menganalisis data hasil nilai post-test. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (63,41>54,27). Perhitungan dari uji t menunjukkan bahwa model treffinger berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Sintak pada model treffinger berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan. Tahap I (Basic Tools) dapat meningkatkan dua indikator kemampuan memecahkan masalah yaitu merumuskan masalah dan hipotesis.

Kata kunci: Kemampuan merumuskan masalah, kemampuan berhipotesis, perubahan lingkungan, ekosistem

 

Treffinger creative learning model towards problem-solving ability in environmental and ecosystem change material. The growing ability of student thinking can affect students ' ability to solve problems. The study aims to investigate the effectiveness of treffinger's learning models towards the ability to solve problems in students. The quasi-experimental design is applied using the post-test only control group design. The study involved 62 students from a total of 144 students. The Instrument uses 35 questions of multiple-choice. The post-test value Data is analyzed using the normality test, homogeneity test, and T-test. The results of this study indicate that the experiment class has a higher value compared to the control class (63.41 > 54.27). Calculations from the T-test show that treffinger's model affects the ability to solve students' problems. The syntax of treffinger's models was able to improve the ability to answer students' issues in environmental and ecosystem change materials. Stage I (Basic Tools) can increase two indicators of problem-solving capability that is formulating issues and hypotheses.

Keywords: Ability to formulate problems, ability to hypothesize, environmental changes, ecosystem


Full Text:

PDF

References


Akbarani, R. (2019). Treffinger learning model in teaching speaking. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 7(1), 18-23. DOI: 10.33603/perspective.v7i1.1801

Ambarsari, W. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas viii smpn 7 surakarta. Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95. https://jurnal.uns.ac.id/bio/article/view/5626/5000

Arestu, O.O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58-66. DOI: 10.33369/diklabio.2.2.58-66

Beni, B., Bustami, Y., & Leliavia, L. (2019). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jirqa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(1), 9-15. DOI: 10.33503/ebio.v4i01.308

Bustami, Y., Riyati, Y., & Julung, H. (2019). Think talk write with pictured cards on human digestive system: impact of critical thinking skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 13-23. DOI: 10.21009/biosferjpb.v12n1.13-23

Fischer, A., Greiff, S., Fleischer, J., Buchwald, F., & Fischer, A., Greiff, S., Fleischer, J., & Buchwald, F. (2015). Assessing analytic and interactive aspects of problem solving competency. Learning and Individual Differences, 39, 172-179. DOI: 10.1016/j.lindif.2015.02.008 1041-6080

Gleason, B.L., Peeters, M.J., Resman-Targoff, B.H., Karr, S., McBane, S., Kelley, K., Thomas, T., & Denetclaw, T.H. (2011). An active-learning strategies primer for achieving ability-based educational outcomes. American Journal of Pharmaceutical Education, 75(9), 1-12. DOI: 10.5688/ajpe759186

Graesser, A., Kuo, B.C., & Liao, C.H. (2017). Complex problem solving in assessments of collaborative problem solving. Journal of Intelligence, 5(2), 1-14. DOI: 10.3390/jintelligence5020010

Juanti, L. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran treffinger. Jurnal Tatsqif, 14(2), 198-217. DOI: 10.20414/jtq.v14i2.29

Juliyanto, E. (2013). Perkembangan pola pemecahan masalah anak usia sekolah dalam memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan anak. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 151-162. DOI: 10.15294/jpfi.v9i2.3035

Kim, K.H., & Pierce, R.A. (2013). Convergent versus divergent thinking. In Encyclopedia of Creativity, Invention, Innovation and Entrepreneurship. New York: Springer. DOI: 10.1007/978-1-4614-3858-8_22

Lissa, L. (2017). Penggunaan metode giving questions and getting answer terhadap keaktifan belajar siswa sma. Bioeduscience, 1(1), 11–18. DOI: 10.29405/bioeduscience/11-18111107

Munthe, B. (2009). Desain pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Nasution, S. (2012). Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I.M., & Marhaeni, A.A.I.N. (2019). Treffinger creative learning model with rme principles on creative thinking skill by considering numerical ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731-744. DOI: 10.29333/iji.2019.12344a

Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan kemampuan analisis siswa melalui penerapan model cooperative learning dengan guided discovery learning. Proceeding Biology Education Conference, 13(1).

Nurjanah, E.S. (2019). The application of treffinger learning model in improving students ’ mathematical communication. PRISMA, 8(2), 160-166. DOI: 10.35194/jp.v8i2.397

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013. Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia.

Rodzalan, Azreen, S., & Saat, M.M. (2015). The Perception of critical thinking and problem solving skill among malaysian udergraduate student. Procedia Social and Behavioral Science., 172.

Simangunsong, P.G., & Al, E. (2017). Efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 211-217. DOI: 10.24114/jpp.v6i4.10583

Sulastri, S., Akbar, B., Safahi, L., & Susilo, S. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran critical incident terhadap keterampilan analisis siswa (the effect of critical incident learning strategy on students’ analytical skills). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 77-81. http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi/article/view/13051

Sumarli. (2018). Analisis model pembelajaran tipe think-pair-share berbasis pemecahan masalah terhadap keterampilan tingkat tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(1), 8-13. DOI: 10.26737/jipf.v3i1.335

Surna, I. N., & Olga, D. (2013). Psikologi pendidikan I. Jakarta: Erlangga.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A., & Rustaman, N.Y. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Treffinger, J.D. (2016). Creative problem solving (cps): powerful tools for manging change and developing talent. Gifted and Talented International, 22(2), 8-18. DOI: 10.1080/15332276.2007.11673491

Wahyuni, F.S., & Setiawan, D.C. (2019). Pengaruh model pembelajaran jinemam terhadap berpikir kritis siswa biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 60-66. DOI: 10.31932/jpbio.v4i2.494

Wijayanti, A. P. (2016). Perbandingan model group investigation dengan problem based learnig berbasis multiple intelligence terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa sma. Jurnal Pendidikan, 5(1), 948-957. DOI: 10.17977/jp.v1i5.6326




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.601

Article Metrics

Abstract view : 955 times
PDF - 819 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.