PENGARUH PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO SNEAKERS ROOM MEDAN

Ayyub Ramadhan, Fauzi Arif Lubis

Abstract


With the emergence of many thrift shops that sell used goods, one of which is shoes, some people choose to buy original used shoes instead of buying new original shoes. From theory and several studies show service, product quality, price and promotion on purchasing decisions. For this reason, this study aims to determine the effect of service, product quality, price and promotion on purchasing decisions at the thrift Sneakers Room Medan store. This type of research is quantitative with a survey method. Respondents in this study were 100 consumers of thrift Sneakers Room Medan. The sampling technique used was purposive sampling. The method used in this research is multiple linear regression analysis using SPSS version 16. The results show that there is an effect of service on purchasing decisions, there is an effect of product quality on purchasing decisions, there is an effect of price on purchasing decisions, and there is an influence of promotion on purchasing decisions. Variable service, product quality, price and promotion together have an influence on purchasing decisions.

Keywords


Service; Product Quality; Price; Promotion; Purchasing Decision

Full Text:

PDF

References


Bairizki, A. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake & Cookies) Jurnal ValidVol. 14 No. 2, Juli 2017 : 71-86

Budiono, A., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi p-ISSN 0216-5287, https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium 1

Efendy, A. N., & Lesmana, T. M. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart di Kota Medan). 83–88.

Effendy, A. A. & Sunarsi, D. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dalam mendirikan UMKM dan efektivitas promosi melalui online di kota tangerang selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 4 (3), 702-714

Elly, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kembaren, N.O.S., Pazli, 2015. Pengaruh Ekspor Minyak Angola ke Industri Cina Pasca Masuknya Angola ke Opec Tahun 2007. Jom FISIP Volume 2 No. 1-Februari 2015

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing 14th edition.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinssip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 (13th ed.). Erlangga.

Maiza, F., Sutardjo, A., Hadya, R. 2022.Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota Jurnal Matua, Vol. 4 , No. 2 , Juni 2022.

Mounir, A. . (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Mowen, J., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.

Populix. (2022). Apa Itu Usaha Thrift? Berikut Tips Cara Memulainya! | Populix.

Ritonga, S., Rahmani. N.A.B., 2022. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk ESQA Yang Dimediasi WoM Marketing. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 7 (2) DOI : 10.31932/jpe.v7i2.1956

Rumengan, A.N., Tawas, H.N., Wenas, R.S., 2015. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado (The Analysis Of Brand Image, Product Quality, And Pricing Strategy Toward Consumer Purchase Decision Of Daihatsu Ayla Manado Branch). Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2015

Saputri, R.S.D., (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46-53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232

Sari, R.M., Prihartono 2021. PENGARuh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei RISE). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 5 No. 3, 2021

Setyani, T.P.H., Gunadi, W., 2020. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil all new rio kia motors indonesia (pada pt. Radita autoprima) Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya vol. 1, no. 1, November 2020

Simanjuntak, C.P., & Budiono, (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji (Studi Kasus pada Burger King Artha Gading Mall). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Yuliani, M.P., Suarmanayasa. I N., 2021. Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No. 2, Bulan Desember Tahun 2021 P-ISSN: 2685-5526 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis | 146

Weenas, J.R.S., 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA 607 Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 607-618

Yanto, R.T.Y., Nefertari. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Maskapai Penerbangan XpressAir Bandung. Jurnal Bisnis dan Pemasaran ISSN : 2087-3077 Volume 10, Nomor 2,

Yolanda dan Wijanarko, D.H. 2018. Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Aqua Serta Implikasinya Terhadap Citra Merek di Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur. Jurnal Manajemen Fe-Ub vol. 06. No. 1a april 2018




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v7i3.2119

Article Metrics

Abstract view : 769 times
PDF - 547 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .