PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTAL LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Masalah dalam penelitian ini Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kelam Permai disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai selain itu kenakalan siswa di dalam kelas ketika guru menjelaskan, siswa sibuk bermain sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru, mengobrol dengan teman, melamun, mengantuk bahkan terkadang malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sikap ini apabila dibiarkan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa semakin menurun karena masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria yang telah ditentukan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Metode penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasi uji hipotesis menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajarann berbasis pengalaman (Experiental Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya di SMP 3 Kelam Permai Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Experiental LearningÂFull Text:
PDFReferences
Arikunto.S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.
Faturohman, M. 2005. Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta. Ar Ruzz Neda
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Menagajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Riduwan. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v1i2.232
Article Metrics
Abstract view : 486 timesPDF - 285 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .