HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 01 KELAM PERMAI
Abstract
Abstract: The purpose of this research was to find out how the relationship between economic teachers professionalism competence and the student’ learning achievenments of student in 01 SMAN 01 KelamPermai. The method of this research was quantitative with correlation research was ex post facto. The population in this research were 226 student of class X, XI and XII IPS SMAN 01 Kelam Permai, while the sampling taken stratified randomly from class X, XI, XII IPS SMAN 01 Kelam Permai which consisted of 143 the student. Data collection techniques were indirect communication and documentation. The result showed that Economic Teachers’ Professionalism competence is not influence student learning achievement, was indicated by the results of the determination coefficient calculation amount of 0,050%. Through the result of ttest ,could be inferred that there were not a relationship between economic teacher’s profesionalism competence and student learning achievement, it was indicated by t count is smaller than t table, was 0,266243 < 1,645.
Keywords: Teachers’ Profesionalism Competence, Students’ Learning Achivement
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi profesionalisme guru ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 01 Kelam Permai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X, XI, XII IPS di SMA Negeri 01 Kelam permai yang berjumlah 226 siswa, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagian jumlah populasi siswa - siswi kelas X, XI, XII IPS SMA Negeri 01 Kelam Permai berjumlah 143 siswa-siswi dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel berstrata. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesionalisme guru ekonomi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,050%. Melalui uji t juga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai t hitung yang lebih kecil dibandingkan t table yaitu sebesar 0,266243 < 1,645.
Kata kunci: Kompetensi Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Danin, Sudarwan & Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Muna, Taufian C. 2012. Pengaruh Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Produktif dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugroho, Satrio. 2013. Cara Menghitung Uji Normalitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif dengan SPSS. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Teknik (online) tersedia http://devamelodica.com/cara-menghitung-uji-normalitas-pada-instrumen-skripsi/.
Nurjanah. 2011. Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2010. Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (online) tersedia : http://dedi26.blogspot.co.id/2013/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html diakses 20 Maret 2017.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sirojuddin, Ahmad. 2011. Hubungan Kompetensi Profesionalisme Guru dengan Efektivitas Proses Pembelajaran di MTs Annida Al-Islamy Rawa Bugel Bekasi Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Slameto. 2015. Belajardan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo Offset.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v5i1.770
Article Metrics
Abstract view : 319 timesPDF - 247 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .