MEMBENTUK KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA MELALUI PENDIDIKAN POLITIK (Studi Kasus pada Partai Politik PDI Perjuangan Di Kabupaten Sintang)

Juri Juri

Abstract


Penelitian ini bertolak dari keprihatinan mengenai suhu politik yang ada di  Kabupaten Sintang belakangan ini, berkaitan dengan aktivitas politik para politisi partai yang cenderung jauh dari nilai-nilai moral serta tanggung jawab terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai kesadaran politik, dibutuhkan pendidikan politik secara formal maupun non formal. Bentuk pendidikan politik PDI Perjuangan berupa seminar, pelatihan, diklat, dan rapat partai. PDI Perjuangan dapat berperan layaknya Pendidikan Kewarganegaraan misalnya  sebagai sumber inspirasi akademik, dan sarana perubahan perilaku untuk membangun partisipasi politik warga negara yang bertanggung jawab. Dengan adanya muatan tersebut, diharapkan PDI Perjuangan dapat berjalan beriringan dengan Pendidikan Kewargangearaan guna mencapai kehidupan yang lebih baik. PDI Perjuangan belum bisa melaksanakan pendidikan politik secara maksimal dikarenakan berbagai kendala yang dihadapi.

Kata Kunci: Karakter Bertanggung Jawab, Pendidikan Politik, Partai Politik, dan PKn.

Full Text:

PDF

References


Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan. Dokumen partai. Tidak diterbitkan.

Alfian. (1992). Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hal.235.

Arifin, S & Suherman, A. (2013). Internalisasi Nilai Sportivitas melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Vol.2,No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.58.

Alwasilah, A.C. (2003). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: PT. Kiblat Buku Utama. Hal.26

Alwasilah, A.C. (2015). Pokoknya Studi Kasus kualitatif. Bandung: PT. Kiblat Buku. Hal. 82-83.

Arianto, B. (2011). Analisis Penyebab Masyarakat tidak Memilih dalam Pemilu. Vol.1,No.1, 2011. Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan. Hal.57-58.

Bogdan, R.C. dan Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education Introduction in Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.Inc. Hal. 58, 59.

Creswell, J.W. (2010). Research Desaign, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal.261-263.

Daniel, M. (2003). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 117, 119 & 120.

Haryanto. (2009). Elit Politik Lokal dalam Perubahan Sistem Politik. Vol.13,No.2 edisi Desember 2009. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal.141.

Hermawan, I.C. (2007). Esensi Pendidikan Politik dan Kaitannya dengan Pembentukkan Warga Negara yang Baik. Vol.15, No.29 Tahun XV Edisi Juli-Desember 2009: Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial Universitas Diponegoro. Hal.26, 28, 30.

Kardiman, Y. (2009). Membangun Kembali Karakter Bangsa melalui Situs-Situs Kewarganegaraan. Vol.2, No.2, Desember 2009: Sekolah Pascasarjana UPI dan Acta Civicus.

Kushandajani, (1992). Komunikasi Politik Indonesia. Nomor 70 Tahun XX 1992. Majalah Forum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Hal.186.

Malinda, R. (2013). Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Soft Skill Komunikasi Mahasiswa Kebidanan. Vol.2,No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.11.

Prajarto, N. (2011). Etika: Keamanan Berpolitik dan Ber-New Media. Vol.14, No.3 Edisi Maret 2011. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal.350.

Prasetya, I.Y. (2011). Pergeseran Peran Idelogi dalam Partai Politik. Vol.1,No.1 2011. Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan. Hal.37-38.

Prayudi, (2007). Internet Politik: Analisis Historis Peran Teknologi Media Baru dalam Demokrasi Indonesia. Vol. 11, No.3 Tahun 2007. Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Hal.142.

Sapriya, dkk. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (Edisi Revisi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Hal.2.

Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. Jakarta: PT. Indek. Hal. 123.

Sasmita, S. (2011). Peran Informasi Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pemilu/Pemilukada. Vol.2, No.1, Edisi Januari-Juni 2011. Universitas Negeri Padang. Hal.218.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Bandung: PT. Alfabeta. Hal.15, 338.

Sukmadinata, N.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal.72.

Sukmayadi, T. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sunda di SMA Negeri 2 Cimahi. Vol.2,No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.51.

Suratmi, dkk. (2013). Hubungan Pemberian Mata Kuliah Etiket dengan Sikap mahasiswa. Vol.2,No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.34.

Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Hal.76.

Tansil, S.W. (2013). Model Pembinaan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri: Sebuah Kajian Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.2, No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.38.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. Hal.6.

Wardaya, C.U & Suryadi, A. (2013). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di Taman Kanak-Kanak. Vol.2, No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.66.

Wuryan, S & Saifullah. (2013). Ilmu Kewarganegaraan (civics). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Hal.110-111.

Wahyuningsih, R.D. (2011). Membangun Kepercayaan Publik melalui kebijakan Sosial Inklusif. Vol.15,No.1 Juli 2011. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik. Hal.33.

Yusuf, H & Syihabuddin (2013). Pandangan Mahasiswa terhadap Perubahan Makna Semantis pada Istilah Keagamaan yang Berasal dari bahasa Arab dan Implikasinya pada pemahaman Nilai-Nilai Keagamaan. Vol.2, No.1 Desember 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Umum SPs UPI & ADSPENSI. Hal.96.

Yusuf, I.A. (2011). Media Lokal dalam Konstelasi Komunikasi Politik di Daerah. Vol.14, No.3, edisi Maret 2011. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal.96, 229.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v6i2.108

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.