PETUNJUK PENULIS

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah saya belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses pada media publikasi yang lain.
  2. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
  3. Tulisan yang saya susun ini telah memperhatikan peraturan pedoman, kaidah penulisan dan kode etik peneliti yang berlaku serta melampirkan Surat Pernyataan Kaslian Naskah
  4. Naskah yang diajukan telah ditulis menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Word: .doc /.docx). (Format menyesuaikan template yang telah disiapkan) Download Template
  5. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul ditulis dengan font times new roman 12 point ditebalkan ditengah-tengah dengan panjang maksimum 12 kata
  6. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata yang berisikan isu-isu pkpk, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. abstrak ditulis dalam satu alenia untuk bahasa Inggris dan satu alenia untuk bahasa Indonesia.
  7. Struktur naskah sudah terdiri : Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Daftar Rujukan.
  8. Daftar Pustaka ditulis sesuai gaya penulisan Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dengan mengikuti tata cara (style) yang dikeluarkan oleh  American Psychological Association (APA). Disarankan untuk memakai aplikasi mendeley.
  9. Penulis tidak menyalin daftar pustaka suatu terbitan jika memang tidak membaca sendiri karya tulis yang disitasi
  10. Pustaka sudah ditulis dengan mengacu pada sumber pertama, 
    (Gaya pengacuan si A dalam si B, tidaklah merupakan cara pengacuan yang baku karena meminjam mata orang lain)
  11. Kemutakhiran Daftar Pustaka >80%, dapat dihitung dengan rumus:
    Jumlah daftar pustaka 10 tahun terakhir  x 100% Jumlah keseluruhan daftar pustaka
  12. Komposisi Acuan Primer pada Daftar Pustaka min. 10 buah dan akan lebih baik jika persentasenya di atas 80% (jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, skripsi, tesis, disertasi dll.)


Pemberitahuan Hak Cipta

penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

SISTEMATIKA PENULISAN 

PENULISAN JUDUL

JUDUL DITULIS DENGAN FONT TIMES NEW ROMAN 12 POINT DITEBALKAN DITENGAH-TENGAH DENGAN PANJANG MAKSIMUM 12 KATA


PENULISAN NAMA PENULIS

Penulis1, Penulis2 dst. [Font Times New Roman 10 Cetak Tebal dan NamaTidak Boleh Disingkat]

Nama Fakultas, Nama Perguruan Tinggi (Penulis 1), Nama Fakultas, Nama Perguruan Tinggi (Penulis 2) Email: [email protected],[email protected], dst


ABSTAK

Abstract(Times New Roman 11): Abstract ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 150 kata. (Times New Roman 11, spasi tunggal, dan cetak miring).

Keywords: Maksimum5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 11spasi tunggal, dan cetak miring]

Abstrak(Times New Roman 11): Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 150 kata. (Times New Roman 11 dan spasi tunggal cetak tegak.)

Kata Kunci:Maksimum5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 11 dan spasi tunggal


PENDAHULUAN

[Times New Roman 11 bold]

Pendahuluan diawali dengan latar belakang umum kajian, memuat State of The Art (kajian review literatur atau penelitian-penelitian sebelumnya secara singkat (1-2 paragraf) dengan tujuan menjustifikasi/menguatkan pernyataan novelty atau signifikansi atau kontribusi ilmiah atau orisinalitas dari artikel ini, yang diperkuat dengan rujukan artikel 10 tahun terakhir. Harus ada gap analisis atau pernyatakan kontribusi kebaruan (novelty statement) secara jelas dan eksplisit, atau beda unik penelitian ini dibanting penelitian sebelumnya. Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini.

Bagian ini berisi juga kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Keprimeran literatur pustaka rujukan minimum 80 persen dari literatur primer/jurnal ilmiah. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Hipotesis peneltiian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya [Times New Roman, Font 11,Normal, Spasi 1.5]

 

METODE PENELITIAN

[Times New Roman 11 bold]

Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis. [Times New Roman, Font 11, Normal, Spasi 1.5].


HASIL DAN PEMBAHASAN

[Times New Roman 11 bold]

Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Pada hasil dan pembahasan setidaknya memuat: 1). Unsur what/how, apa temuan atau finding risetnya. 2). Unsur why, pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis ditunjang fakta nyata dan jelas. 3). Unsur what else, apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan penelitian sebelumnya.

Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. [Times New Roman, Font 11, Normal, Spasi 1.5].

Klik Contoh Tabel

Klik Contoh Gambar

 

SIMPULAN

[Times New Roman 11 bold]

Simpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan menjawab permasalahan atau tujuan penelitian. Ditulis dalam bentuk paragram, bukan dalam bentuk item list/numbering. [Times New Roman, Font 11, Normal, Spasi 1.5].


DAFTAR RUJUKAN

[Times New Roman 11 bold]

Penulisan daftar rujukan menggunakan format American Psychological Associaton (APA), nama, tahun, judul buku, penerbit, kota penerbit.

Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. [Times New Roman, Font 11, Normal, Spasi 1.5].

 Klik Contoh Pustaka

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas  Ekonomi Universitas Indonesia.

Tubagus, Asep, dan Wijonarko. 2009. Langkah-Langkah Memasak. Jakarta: PT Gramedia.

Anyan.2016.”Image Matting Untuk Ekstraksi Objek Rambut Pada Citra”Jurnal Ilmiah DASI Vol. 17 No. 2 Juni 2016, hal. 21-30

 

Informasi Tambahan:

  1. Topik yang akan dipublikasi oleh VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan adalah topik yang berhubungan dengan hasil penelitian di bidang kependidikan.
  2. Naskah diketik dengan ukuran kertas A4 (21 cm x 29,7), margin 2,54 cm (left-top-right-bottom, 2 kolum, Times New Roman 11 Point.
  3. Abstrak ditulis hanya 1 halaman dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  4. Jumlah Halaman 10-15 halaman